Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Seni Pudong Resmi Dibuka

Kompas.com - 29/08/2021, 14:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Seni Pudong yang dirancang oleh Atelier Jean Nouvel di distrik Pudong, Shanghai, telah dibuka untuk umum.

Bangunan ini mencakup ruang seluas 10.000 meter persegi, terdiri dari 13 ruang pameran, lanskap, halaman depan, teras, dan jalan setapak yang memperlihatkan patung kontemporer dan karya seni.

Plot secara visual dan fisik dipisahkan dari dua bagian menara melalui serangkaian pohon tinggi, taman linier berbentuk V seluas 700 meter yang menciptakan bingkai gelap tebal di sekitar lokasi dan membawa aliran udara ke seluruh ruang.

Baca juga: Museum Sutradara Terhebat Sepanjang Sejarah, Federico Fellini, Resmi Dibuka

Salah satu fitur utama dari museum adalah layar. Dua tanda layar vertikal, satu di atas museum dan satu di atas menara ventilasi, dihubungkan oleh sinar laser yang membentuk garis cahaya yang berpotongan di atas museum.

Layar sisi barat di sisi Bund dirancang sebagai "bukti seni abad ke-21". Ini adalah fasad berlapis ganda yang bermutasi dengan cermin dan proyeksi yang berbentuk seperti unit persegi panjang.

Layar akan menjadi cermin galeri skala besar yang dipasang di atas dua lantai. 

Pada siang hari, layar sisi barat akan menjadi ruang instalasi atau ruang pertunjukan. Sedangkan pada malam hari, layar akan diprogram sebagai ruang video.

Selain itu, terdapat jendela untuk membingkai bagian lanskap yang dipilih, serta menawarkan pemandangan kota.

Untuk program perdananya, museum akan menghadirkan tiga pameran besar: Light: Works from Tate's Collection; Joan Miro. Wanita, Burung, Bintang; Cai Guo-Qiang: Pengembaraan dan Kepulangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com