25 Rumah Khusus Dibangun untuk Nelayan Bolaang Mongondow Selatan

Kompas.com - 06/08/2021, 10:00 WIB
Kementerian PUPR menyelesaikan pembangunan 25 rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara. Kementrian PUPRKementerian PUPR menyelesaikan pembangunan 25 rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan 25 rumah khusus (rusus) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara.

Pembangunan rumah ini merupakan komitmen pemerintah dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat melalui Program Sejuta Rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembangunan ini sekaligus juga sebagai bentuk pemerataan hasil-hasil pembangunan di seluruh pelosok negeri, terutama di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

“Ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak. Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Begini Rapor Program Satu Juta Rumah Selama Pandemi

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menambahkan, pembangunan rumah khusus dapat berbentuk rumah tunggal maupun kopel.

Ada juga bentuk rumah deret dengan tipologi berupa rumah tapak atau rumah panggung serta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Pada tahun anggaran (TA) 2021 Kementerian PUPR menargetkan untuk membangun 2.423 unit rumah khusus. Target ini meningkat dari TA 2020 yakni 1.575 unit rumah khusus.

“Kami berharap dengan tinggal di rumah khusus ini masyarakat bisa hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat di masa pandemi ini,” kata Khalawi.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Hujurat menerangkan, total anggaran pembangunan 25 unit rusus di Bolsel adalah Rp 3,208 miliar.

Proses pembangunan dilaksanakan secara Single Years Contract (SYC) pada tahun anggaran 2021.

Rusus yang dibangun sebanyak 25 unit rumah terdiri dari 12 tipe couple dan 1 tipe single dengan tipe 28 meter persegi.

Setiap unit rumah yang dibangun terdiri dari dua ruang kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang tamu yang dapat menampung satu keluarga.

"Pembangunan Rusus ini menggunakan sistem struktur konvensional dan pembangunan fasilitas nantinya meliputi, pembangunan prasarana sarana dan utilitas, pemasangan paving untuk jalan depan hunian, pembangunan drainase," kata Hujurat.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.