Bangunan Ikonik Karya Antoni Gaudi Dilapisi 164.000 Meter Tirai Aluminium

Kompas.com - 04/08/2021, 10:00 WIB
Firma arsitek Jepang, Kengo Kuma and Associates baru saja selesai merenovasi salah interior satu bangunan terkenal di kota Barcelona, Casa Battlo. Interior dihias menggunakan rantai aluminium untuk membuat tirai, menyesuaikan bentuk asli interior gedung ini. DezeenFirma arsitek Jepang, Kengo Kuma and Associates baru saja selesai merenovasi salah interior satu bangunan terkenal di kota Barcelona, Casa Battlo. Interior dihias menggunakan rantai aluminium untuk membuat tirai, menyesuaikan bentuk asli interior gedung ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitek Jepang, Kengo Kuma and Associates tuntas merenovasi interior salah satu bangunan terkenal di kota Barcelona, Casa Battlo. 

Casa Battlo dirancang oleh salah satu arsitek terkenal asal Barcelona Antoni Gaudi, tepatnya pada tahun 1904.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Renovasi tersebut menggunakan 164.000 meter rantai aluminium untuk membuat tirai ini yang meniru bentuk asli interior gedung ini.

Casa Battlo baru-baru ini telah dipugar sepenuhnya oleh keluarga Bernat, yang telah memiliki rumah tersebut sejak tahun 1990-an.

Baca juga: Barcelona Dinobatkan sebagai Ibu Kota Arsitektur Dunia 2026

Dikutip dari Dezeen, proyek renovasi juga mencakup serangkaian intervensi kontemporer yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan intens bagi pengunjung.

Tirai tersebut dibuat menggunakan rantai aluminium ddari perusahaan Spanyol, Kriskadecor.

Kehadiran tirai ini memberikan cahaya simbolis di seluruh interior rumah. Tirai ini juga menyelimuti tangga darurat yang membentang di delapan lantai gedung.

Di dalam ruang gelap ini, pencahayaan yang dikembangkan oleh desainer Mario Nanni memantulkan pancaran logam untuk meningkatkan kualitas kilaunya.

Tirai dibentuk dari untaian rantai yang digantung dari berbagai langit-langit dan permukaan miring di bawah tangga. 

Tangga yang turun ke ruang bawah tanah terbuat dari 13 ton marmer hitam yang dipoles yang diukir di bagian bawah.

Ruang bawah tanah memiliki luas hingga 2.000 meter persegi dan bisa menjadi ruang pameran tambahan.

Casa Batllo awalnya dirancang oleh Emilio Sala Cortes dan dibangun di atas Passeig de Gracia yang baru dibentuk pada tahun 1877.

Rumah itu dibeli pada tahun 1903 oleh Josep Batllo y Casanovas, yang menugaskan Gaudí untuk merombak fasad, interior, dan halaman dalam.

Gaudí berkolaborasi dengan perajin terbaik saat itu untuk mengubah rumah menjadi sebuah karya seni, menggunakan besi tempa, batu, kayu, kaca patri, dan ubin keramik untuk menghiasinya dengan gaya modernisme.

 



Sumber Dezeen
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.