BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kota Baru Parahyangan

Lingkungan yang Nyaman Tentukan Kualitas Hidup, Berikut Ciri-cirinya

Kompas.com - 08/07/2021, 10:37 WIB
Lingkungan tempat tinggal yang nyaman berpengaruh besar terhadap kualitas hidup setiap orang Dok. Shutterstock/bearinmindLingkungan tempat tinggal yang nyaman berpengaruh besar terhadap kualitas hidup setiap orang

KOMPAS.com - Kualitas lingkungan sebuah tempat tinggal dapat memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup setiap orang. Di kawasan kota yang sudah dipenuhi berbagai macam polusi, misalnya, masyarakat diintai oleh beragam risiko kesehatan.

Berdasarkan riset Global Alliance On Health And Pollution (GAHP) pada 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-4 penyumbang kematian terbesar akibat polusi. Laporan GAHP menyebutkan, kematian akibat polusi di Indonesia pada 2017 mencapai 233.000 jiwa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun polusi udara menyumbang angka paling tinggi, yaitu 123.800 kasus kematian. Kemudian, diikuti polusi air sebanyak 60.000 jiwa dan polusi akibat timah 32.900 jiwa.

Oleh karenanya, penting untuk mempertimbangkan lingkungan hunian yang sehat dan nyaman, terutama bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan membeli rumah. Tujuannya, untuk memberikan perlindungan bagi keluarga sekaligus meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga: Dambakan Kawasan Hunian yang Sehat? Properti di Kota Penyangga Patut Dilirik

Untuk mengetahui lingkungan seperti itu, Anda perlu mengenal ciri-cirinya. Melansir Rumah.com, Rabu (20/5/2020), lingkungan yang nyaman tak hanya dapat dilihat dari aspek lokasi dan kemudahan aksesibilitas saja, tetapi mencakup hal-hal penting lain, seperti kualitas udara, ketersediaan sumber air bersih, terdapat pepohonan rindang, serta pengelolaan sampah yang baik.

Sementara, ciri lainnya dapat disimak lewat bahasan yang sudah Kompas.com rangkum berikut.

Udara bersih

Ciri-ciri lingkungan sehat yang paling mudah dikenali terlihat dari aspek sirkulasi udara yang lancar dan bersih.

Adapun lingkungan tempat tinggal yang sehat biasanya terbebas polusi sehingga kualitas udaranya pun terjaga. Hal ini ditandai dengan udara yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menyebabkan gangguan pernapasan.

Baca juga: Cek Dulu Kemudahan Aksesibilitas Kawasan Sebelum Membeli Properti

Akses sumber air

Selain itu, ciri lingkungan sehat dapat dilihat dari akses sumber air bersih alami yang dimiliki. Sumber air tersebut bisa berasal dari sumur, sungai, atau mata air yang belum tercemar.

Bila air di kawasan tersebut berasal dari sumur galian, pastikan kualitas kebersihannya. Apabila air sumur tidak berwarna dan tidak beraroma, kualitas air di daerah itu dapat dikategorikan bersih dan aman digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti mandi, mencuci, dan bisa diolah untuk dikonsumsi.

Pengelolaan sampah terintegrasi

Tak kalah penting, lingkungan yang sehat juga tercermin dari sistem pengelolaan sampah yang baik.

Sampah-sampah rumah tangga yang dihasilkan dikumpulkan kemudian dipilah berdasarkan jenis dan sifatnya, seperti sampah organik, anorganik, dan basah maupun kering.

Baca juga: Mau Punya “Home Sweet Home”? Pertimbangkan Faktor Lingkungan Sebelum Membeli Rumah

Sampah organik dapat diolah menjadi bahan kompos. Sementara itu, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi produk bernilai ekonomis tinggi. Dengan demikian, sampah tidak menimbulkan aroma tak sedap yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

Pepohonan rindang

Ciri lingkungan sehat berikutnya ditandai banyaknya pepohonan yang rindang. Selain menghasilkan oksigen dan mampu menyerap karbon dioksida, pepohonan bisa membuat situasi lingkungan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Bukan cuma itu, lingkungan yang penuh dengan pepohonan dan tanaman hijau juga berkontribusi menurunkan tingkat polusi sehingga udara menjadi lebih bersih.

Selain memberikan kenyamanan, keberadaan pepohonan di area ruang terbuka hijau dapat menambahkan nilai estetika pada kawasan hunian.

Baca juga: Mengenal Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas di Kawasan Residensial

Nah, itulah ciri kawasan hunian yang nyaman dan sehat yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah. Di kota besar seperti Jakarta, kawasan hunian seperti itu mungkin sudah sulit ditemukan.

Karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan kriteria tersebut, tak ada salahnya melirik kawasan satelit. Misalnya, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Cikarang.

Dibandingkan Jakarta, kawasan satelit memiliki udara yang lebih baik, ruang terbuka hijau, dan kualitas air yang bersih. Opsi lainnya, Anda juga bisa mencari hunian di Bandung.

Di sana, masih ada kawasan hunian yang memenuhi ciri kawasan nyaman dan sehat. Misalnya saja, Kota Baru Parahyangan (KBP) di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca juga: Resmi Dibuka, IKEA Kota Baru Parahyangan Sediakan Area Khusus UMKM

Nayapati Residence 'breathable frontage-house' hunian dua lantai berarsitektur modern tropis yang didesain secara inklusif bagi setiap anggota keluarga atau rumah. Dok. Kota Baru Parahyangan Nayapati Residence 'breathable frontage-house' hunian dua lantai berarsitektur modern tropis yang didesain secara inklusif bagi setiap anggota keluarga atau rumah.

Untuk diketahui, KBP dikembangkan oleh Lyman Group dengan mengedepankan konsep pengembangan kota berkelanjutan. Hal ini merupakan nilai tambah sekaligus pembeda antara KBP dan developer lain dalam menyiapkan kawasan residensial yang nyaman.

Tak hanya membangun perumahan dengan konsep yang menarik, KBP juga berkomitmen memelihara infrastruktur dan bangunan fisik untuk jangka panjang.

Komitmen tersebut terus dipegang oleh manajemen KBP dengan mengelola kawasan secara terpadu dan berkelanjutan dengan menyeimbangkan aspek lingkungan, ekonomi, maupun sosial masyarakat. Alhasil, suasana di KBP terasa asri.

Untuk diketahui, sejak 2000, KBP telah mengembangkan visinya menjadi kota mandiri, madani, dan alami. Adapun aspek madani diwujudkan oleh masyarakat yang tinggal dan berinteraksi di KBP. Mereka telah menjadi agen perubahan (agent of change) bagi lingkungan sekitar.

Baca juga: Tips Inspirasi Ruangan Nyaman dari IKEA Kota Baru Parahyangan

Klaster Nayapati Kota Baru ParahyanganDok. Kota Baru Parahyangan Klaster Nayapati Kota Baru Parahyangan

Tak hanya itu, KBP juga mengaplikasikan program community empowerment berbasis kewirausahaan untuk menciptakan masyarakat sekitar KBP yang mandiri dan berkembang melalui kelompok wirausaha usaha bersama (Kube) .

Sementara, dari aspek alami, KBP tak sekadar mengimplementasikan lewat penanaman pohon, biopori, dan rumah dengan konsep eco-design saja, tetapi juga menginisiasi pengolahan limbah sampah dari hulu dan pemanfaatan ulang air buangan (reuse), penggunaan energi terbarukan dengan teknologi tenaga surya, serta melibatkan warga lewat gerakan Hayu Hejo.

Sebagai informasi, Hayu Hejo adalah komunitas dan gerakan lingkungan berkelanjutan yang diinisiasi KBP sebagai salah satu dari dua aspek pengembangan berkelanjutan lainnya, yaitu sosial dan ekonomi. Ketiga aspek ini dikelola KBP secara seimbang.

Sementara, untuk menunjang sebuah kota mandiri, KBP juga membangun town center dan commercial area. Sejumlah brand internasional pun turut bergabung di KBP, seperti IKEA, Parahyangan Golf, CELLINI, bank-bank ternama, dan brand fast food.

Baca juga: IKEA Kota Baru Parahyangan Resmi Dibuka, Begini Tata Cara Belanjanya

Selain itu, KBP juga menyediakan sarana rekreasi water theme park yang direncanakan beroperasi pada 2022.

Untuk fasilitas pendidikan, baik formal maupun informal bertaraf nasional, nasional plus, dan internasional mulai dari playgroup hingga universitas juga tersedia di KBP.

Tak kalah penting, keunggulan lain yang dimiliki KBP adalah berada di lokasi strategis di barat Kota Bandung. Hal ini memudahkan masyarakat untuk mengakses KBP, baik dari Bandung, Jakarta, Cirebon, hingga Jawa Tengah (Jateng) maupun Tasikmalaya, Garut, dan kota-kota lainnya di Priangan Timur.

Gubahan massa dan ruang Rumah Nayapati dirancang (hampir) tidak menempel ke dinding batas kavling agar iklim mikro yang nyaman di Kota Baru Parahyangan dengan leluasa mengalir ke dalam rumah melalui penghawaan dan pencahayaan alami. Interaksi indoor-outdoor melalui dominasi desain bukaan pada dinding rumah turut menciptakan pengalaman keseharian yang menyenangkan hati penghuni. Hal ini selaras dengan konsep rumah 'bernapas'. Dok. Kota Baru Parahyangan Gubahan massa dan ruang Rumah Nayapati dirancang (hampir) tidak menempel ke dinding batas kavling agar iklim mikro yang nyaman di Kota Baru Parahyangan dengan leluasa mengalir ke dalam rumah melalui penghawaan dan pencahayaan alami. Interaksi indoor-outdoor melalui dominasi desain bukaan pada dinding rumah turut menciptakan pengalaman keseharian yang menyenangkan hati penghuni. Hal ini selaras dengan konsep rumah 'bernapas'.

Hal itu karena kawasan tersebut berada di dekat gerbang Tol Padalarang Timur dan terkoneksi dengan jalur Tol Cipularang, Cipali, dan Purbaleunyi.

Baca juga: IKEA Hadir di Bandung Barat, Berdayakan UMKM Lokal

Sementara itu, dari Bogor dan Cianjur, KBP bisa diakses lewat jalan raya Padalarang dan jalur Tol Bogor Cianjur Sukabumi (Bocimi) yang rencananya akan diteruskan ke Ciranjang hingga Padalarang.

Lokasi strategis tersebut menjadi nilai tambah bagi peminat yang ingin bertempat tinggal atau sekadar berinvestasi di KBP. Tak hanya itu, proyek infrastruktur lain yang bakal menunjang aksesibilitas KBP ke depan adalah flyover di simpang Padalarang.

Untuk diketahui, flyover simpang Padalarang dibangun mulai dari Pintu Tol Padalarang Timur hingga gerbang KBP dengan panjang 350 meter.

Ditambah lagi adanya rencana pengembangan stasiun kereta cepat (high speed train) di Stasiun Kereta Api Padalarang yang berjarak kurang dari 1 kilometer (km) dari KBP.

Kota Baru Parahyangan (KBP) meraih dua penghargaan dari lembaga sertifikasi bangunan hijau, yaitu Green Building Council Indonesia (GBCI). Penghargaan tersebut yaitu Greenship Neighborhood dan Greenship Kawasan.Dok. Kota Baru Parahyangan Kota Baru Parahyangan (KBP) meraih dua penghargaan dari lembaga sertifikasi bangunan hijau, yaitu Green Building Council Indonesia (GBCI). Penghargaan tersebut yaitu Greenship Neighborhood dan Greenship Kawasan.

Baca juga: 5 Elemen Penting untuk Menciptakan Hunian Bergaya Industrial

Kemudahan lain yang ditawarkan KBP adalah tersedianya sarana transportasi umum shuttle bus yang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) untuk rute KBP – Alun-alun Bandung - Leuwi Panjang (PP dan via tol). Fasilitas ini disediakan dengan harga terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kota Baru Parahyangan, Anda bisa klik tautan ini atau menghubungi 0877-2268-3888.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.