Bedah 1.805 Rumah di Bandung, Pemerintah Kucurkan Rp 36,1 Miliar

Kompas.com - 12/06/2021, 08:00 WIB
Penyerahan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Dok. BALAI P2P JAWA II/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRPenyerahan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggaran senilai Rp 36,1 miliar disalurkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki 1.085 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana mengatakan hal ini dalam siaran pers, Jumat (11/06/2021).

“Pada tahun ini, Kabupaten Bandung mendapatkan alokasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR senilai Rp 36,1 miliar untuk (membedah) 1.805 RTLH," jelas Dadang.

Penyaluran dana BSPS ini dilakukan melalui kegiatan serah terima buku tabungan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban sesuai prinsip akuntabilitas program tersebut.

Adapun total dana yang disalurkan untuk program yang dikenal dengan istilah bedah rumah di Kabupaten Bandung sebesar Rp 20 juta per unit rumah.

Rinciannya, sebesar Rp 17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta dalam bentuk tunai yang diberikan langsung kepada tukang atau pekerja bangunan.

Pelaksanaan bantuan program BSPS di Kabupaten Bandung akan dilaksanakan di 29 kecamatan 95 desa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 750 Warga di Provinsi Riau Dapat Bantuan Renovasi Rumah Rp 20 Juta

Dadang menambahkan, program BSPS ini diharapkan menjadi penggerak roda perekonomian di tingkat desa yang dengan cara memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pembangunan rumah layak huni, kata Dadang, tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, namun juga Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Dadang meminta agar para fasilitator program BSPS di kawasan itu bisa mendampingi masyarakat penerima bantuan secara cermat, teliti, dan sesuai kondisi di lapangan pada masa Pandemi Covid-19.

Sehingga, program BSPS dapat terlaksana dengan baik, sesuai ketentuan, dan memiliki output rumah layak huni sesuai dengan peraturan berlaku.

Sementara itu, Bupati Bandung M Dadang Supriatna menerangkan, Pemkab Bandung sangat mendukung pelaksanaan Program BSPS bagi masyarakat. 

Pihaknya pun telah menyalurkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 8,814 miliar untuk memperbaiki rumah masyarakat di Kabupaten Bandung sebanyak 465 unit.

"Kami harap dengan Program BSPS ke depan bisa mengurangi jumlah RTLH di Kabupaten Bandung,” tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X