Ini Syarat Mendapatkan Bantuan Renovasi Rumah dan Tempat Usaha HOME

Kompas.com - 07/06/2021, 18:30 WIB
Kiri-kanan; Direktur PNM Sunar Basuki, Kepala Sub Direktorat KND1 DJKN Kementerian Keuangan RI Nofiansyah, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Direktur SMF Heliantopo. Dok. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero).Kiri-kanan; Direktur PNM Sunar Basuki, Kepala Sub Direktorat KND1 DJKN Kementerian Keuangan RI Nofiansyah, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Direktur SMF Heliantopo.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF telah bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dalam peluncuran program HOME.

HOME merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah Mekaar binaan PNM untuk renovasi rumah sekaligus tempat atau mendukung usaha mereka.

Program itu diluncurkan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (03/06/2021).

Semarang dipilih menjadi tempat peluncuran karena menjadi kota pertama pelaksanaan program pembiayaan mikro perumahan HOME kepada sejumlah nasabah Mekaar binaan PNM.

Meski demikian, ada persyaratan yang harus dipenuhi nasabah Mekaar binaan PNM agar mendapatkan bantuan pembiayaan program HOME ini.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan hal ini kepada Kompas.com, Senin (07/06/2021).

"Syaratnya, harus menjadi nasabah PNM Mekaar yang sudah memiliki pembiayaan Mekaar minimal 3 tahun," jelas Ananta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ananta menjelaskan, bantuan biaya renovasi ini diberikan berdasarkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang disusun oleh nasabah Mekaar binaan PNM.

Baca juga: SMF Biayai Renovasi dan Tempat Usaha Nasabah PMN Melalui Program HOME

Sementara untuk besaran plafon pembiayaan yang diberikan akan ditentukan dari besarnya repayment capacity (RPC) nasabah.

Ananta berharap, HOME dapat membantu program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang saat ini tengah digenjot pemerintah.

“Melalui program pembiayaan mikro perumahan HOME ini diharapkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan ultra mikro dapat kembali bergerak melalui usaha yang mereka lakukan dari rumah," tutur dia.

Program HOME juga merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDG's) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya terkait sustainable cities dan communities

Program ini juga menjadi bagian dari pelaksanaan perluasan mandat yang diterima SMF untuk mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan berkesinambungan.

Hal ini baik dari sisi suplai maupun permintaan agar akses masyarakat untuk memperoleh hunian layak dan terjangkau semakin terbuka lebar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X