SiKasep Raih Hak Cipta dari Kemenkumham, Terlindung 50 Tahun

Kompas.com - 28/05/2021, 19:30 WIB
Aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang diluncurkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR. Dok. SiKasepAplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang diluncurkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - SiKasep, sistem aplikasi perumahan pertama yang diluncurkan PPDPP Kementerian PUPR Tahun 2019 meraih surat pencatatan ciptaan atau hak cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Surat pencatatan ciptaan untuk sistem informasi KPR Subsidi perumahan ini dikeluakan dengan No.EC00202122236 berdasarkan permohonan per 30 April 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu aplikasi ini sudah terlindung hingga 50 tahun ke depan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin menyampaikan, lahirnya SiKasep adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan rumah yang mereka inginkan, memudahkan pengembang dalam memasarkan rumah subsidi yang sudah mereka bangun dan memudahkan perbankan dalam memverifikasi calon debitur yang akan membeli rumahnya.

Baca juga: Pengembang Rumah Tukang Dapat Insentif PSU, Simak Syaratnya

“Dengan telah adanya pengakuan dan perlindungan dari pemerintah, semakin meyakinkan, bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat dan berupaya memberikan solusi atas pembiayaan perumahan yang mereka hadapi,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (28/05/2021).

Aplikasi SiKasep ini memiliki empat pintu dalam pelaksanaannya. Pintu pertama, yang bisa diakses langsung oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui aplikasi SiKasep,

Lalu pintu kedua bisa dimasuki oleh pengembang lewat Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang bertugas untuk menyiapkan semua data perumahan yang akan dipilih oleh MBR

Sementara itu, perbankan yang melakukan verfikasi dengan sistem host to host dan PPDPP yang memproses pengajukan data MBR, menyalurkan dana FLPP dan memonitoring pelaksanaannya.

SiKasep diluncurkan pertama kali 19 Desember 2019 dan saat ini telah digunakan sebagai acuan dan dasar bagi penyaluran pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Pemerintah Bangun 3.000 Rumah buat Para Tukang, Ini Lokasinya

SiKasep telah diakses oleh 475.158 pengguna, terdiri dari 1.591 pengguna tahun 2019, sedangkan 328.248 pengguna tercatat tahun 2020 dan tahun 2021 sebanyak 145.319 pengguna. Pengakses harian SiKasep rata-rata mencapai 1.470 pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.