8 Tips Menyulap Basement Menjadi Ruang Multiguna

Kompas.com - 25/05/2021, 18:00 WIB
8 Tips Membuat Basement Menjadi Ruang Fungsional Shutterstock.com8 Tips Membuat Basement Menjadi Ruang Fungsional

KOMPAS.com - Ruang bawah tanah menjadi salah satu ruang yang biasanya luput dari perhatian penghuni rumah.

Tak aneh jika citra ruang bawah tanah selalu buruk, dan kotor, bahkan umumnya hanya dijadikan sebagai gudang tempat menyimpan barang yang tak diperlukan.

Padahal, ruang bawah tanah ini dapat dijadikan untuk beragam fungsi. Syaratnya, Anda cukup melakukan renovasi sederhana pada ruang ini sehingga layak untuk digunakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan AC Supaya Tidak Boros?

Berikut 8 cara mengubah ruang bawah tanah menjadi lebih fungsional :

1. Siapkan ruang dengan tepat 

Sebelum melakukan renovasi ruang bawah tanah, penting untuk mengetahui secara pasti apa yang ingin Anda lakukan dengan ruangan dan kondisinya saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, jika Anda berencana untuk mengubahnya menjadi tempat tinggal untuk anak-anak atau penyewa, Anda harus mengikuti peraturan bangunan setempat dengan sangat hati-hati dan mendapatkan izin yang diperlukan.

Selain itu kode bangunan dapat menentukan jenis dan ukuran ruangan, jendela, ketinggian langit-langit, dan persyaratan lainnya dapat membuat ruangan atau kamar yang layak huni.

Jika hanya berencana menggunakan ruangan untuk tujuan yang lebih bermanfaat seperti penyimpanan ekstra atau ruang cuci, Anda mungkin tidak perlu terlalu khawatir tentang perizinan.

2. Ruang penyimpanan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X