Tingkat Hunian Menurun, Harga Sewa Apartemen di Jakarta Makin Murah

Kompas.com - 07/05/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi apartemen. Apartemen menjadi alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan perkotaan ShutterstockIlustrasi apartemen. Apartemen menjadi alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan perkotaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 berakibat pada merosotnya tingkat hunian penyewaan apartemen Jakarta di tengah kelangkaan pasokan baru.

Pada kuartal I-2021 rata-rata harga untuk apartemen khusus sewa di ibu kota mencapai Rp 241,000 per meter persegi per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Director Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakan walaupun terdapat fluktuasi Rupiah terhadap Dolar AS, rata-rata harga sewa untuk apartemen husus sewa relatif tidak mengalami perubahan.

"Tetap di angka Rp 241.550 per meter persegi per bulan," kata Arief dalam laporan MarketBeat Cushman & Wakefield yang diterima Kompas.com, Jumat (07/05/2021).

Baca juga: Harga Rumah di Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Timur Turun

Menurutnnya, turunnya tingkat hunian ini membuat harga apartemen sewa ini juga cenderung menurun 1,9 persen dari kuartal sebelumnya atau hanya menjadi Rp 148.025 per meter persegi per bulan.

Oleh karena itu, pemilik unit apartemen sewa mesti bersiap untuk menerima harga sewa yang jauh lebih rendah selama masa pandemi ini.

Dari sisi permintaan, juga masih sangat terbatas, mengingat adanya sejumlah aturan pembatasan yang tidak memungkinkan para tamu atau penyewa terutama dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia.

"Beberapa permintaan baru apartemen khusus sewa masih sangat terbatas dikarenakan pembatasan perjalanan masuk Indonesia yang masih berlanjut, telah tercatat pada kuartal 1-2021," ujarnya.

Baca juga: Sertifikat Hak Milik Apartemen Bisa Dijadikan Jaminan Utang

Kondisi ini membuat sejumlah ekspatriat atau penyewa apartemen yang merupakan warga negara asing (WNA) kembali memperpanjang kontrak sewa apartemen mereka di Jakarta.

Demikian halnya untuk sub-sektor apartemen servis di Jakarta, tercatat tidak ada penambahan pasokan pada kuartal I 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.