1.400 Rumah di Kampung Inggris Kediri Dapat Bantuan Rp 20 Juta

Kompas.com - 19/04/2021, 14:00 WIB
Kementerian PUPR Beri Bantuan RTLH 1.400 Rumah di Kampung Inggris Kediri PUPR Kementerian PUPR Beri Bantuan RTLH 1.400 Rumah di Kampung Inggris Kediri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mengentaskan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kampung Inggris.

Program ini diharapkan dapat mendorong daerah tersebut menjadi lebih tertata sekaligus meningkatkan minat generasi muda yang ingin belajar berbahasa Inggris yang baik dan benar di kawasan eduwisata tersebut.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan saat ini masih banyak pemerintah daerah yang mengalami masalah banyaknya RTLH di daerah.

"Kami siap membantu Pemda termasuk Pemkab Kediri yang ingin mengentaskan masalah rumah tidak layak huni di daerah Kampung Inggris," kata Khalawi dalam keterangannya, Senin (19/04/2021).

Baca juga: Dua Tower Rusun Polteknik PU Semarang Telan Dana Rp 112 Miliar

Salah satu bantuan perumahan yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah RTLH adalah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 1.400 rumah.

Rumah yang tidak layak huni nantinya akan mendapatkan dana stimulan dari pemerintah sebesar Rp 20 juta yang dapat digunakan oleh masyarakat penerima bantuan untuk pembelian bahan material bangunan dan upah tukang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam Program BSPS ini kami juga melibatkan masyarakat secara berkelompok membangun rumah tidak layak huni dengan dana stimulan.

Untuk dana yang kami salurkan adalah Rp 20 juta untuk pembelian bahan bangunan Rp 17,5 juta dan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan setiap Kepala Daerah pasti membutuhkan bantuan serta program dari pemerintah pusat.

Salah satu program yang paling krusial dan bisa dirasakan langusng manfaatnya oleh masyarakat adalah Program BSPS.

Program BSPS sangat dibutuhkan untuk merubah hunian masyarakat di Kampung Inggris agar lebih layak huni dan sehat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X