Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi KPR Subsidi BTN Tembus 31.000 Unit

Kompas.com - 18/04/2021, 20:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus memacu realisasi penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi.

Hal ini sejalan dengan komitmen perseroan mendukung Program Satu Juta Rumah yang diinisiasi Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hingga medio April 2021, Bank BTN tercatat telah merealisasikan penyaluran KPR Subsidi untuk lebih dari 31.000 rumah.

Direktur Consumer and Commercial Banking Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan permintaan pembiayaan perumahan tahun 2021 mulai menunjukkan peningkatan, menyusul  berbagai kebijakan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi nasional.

Baca juga: Mumpung Harga Turun, THR Sebaiknya Digunakan Membeli Rumah

Menurutnya, untuk memanfaatkan berbagai stimulus positif dari pemerintah tersebut, Bank BTN juga terus berinovasi untuk mengoptimalkan penyaluran KPR Subsidi.

"Berbagai inovasi yang digelar Bank BTN pun menunjukkan capaian positif," kata Hirwandi dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Minggu (18/04/2021).

Sejak pandemi dimulai pada awal tahun 2020 hingga pertengahan April 2021, BTN tercatat menyalurkan KPR Subsidi baik skema konvensional maupun syariah untuk lebih dari 153.000 rumah senilai Rp 21,5 triliun.

Tersedia beragam produk KPR Subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni KPR Subsidi berskema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) dengan bunga 5 persen fix rate atau tetap hingga 20 tahun.

Selain itu terdapat KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan bantuan uang muka hingga Rp 40 juta.

Baca juga: Lebaran di Rumah Baru, dengan Uang THR Bisa Beli Unit Rp 130 Juta

Sebagai informasi, hingga Desember 2020, BBTN masih menempati posisi teratas dalam pangsa pasar KPR Subsidi.

Bank yang dulunya bernama Bank Tabungan Pos ini terekam mendominasi pasar KPR Subsidi sebesar 87 persen per akhir tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com