Kompas.com - 18/04/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi pengajuan KPR. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi pengajuan KPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus memacu realisasi penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi.

Hal ini sejalan dengan komitmen perseroan mendukung Program Satu Juta Rumah yang diinisiasi Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hingga medio April 2021, Bank BTN tercatat telah merealisasikan penyaluran KPR Subsidi untuk lebih dari 31.000 rumah.

Direktur Consumer and Commercial Banking Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan permintaan pembiayaan perumahan tahun 2021 mulai menunjukkan peningkatan, menyusul  berbagai kebijakan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi nasional.

Baca juga: Mumpung Harga Turun, THR Sebaiknya Digunakan Membeli Rumah

Menurutnya, untuk memanfaatkan berbagai stimulus positif dari pemerintah tersebut, Bank BTN juga terus berinovasi untuk mengoptimalkan penyaluran KPR Subsidi.

"Berbagai inovasi yang digelar Bank BTN pun menunjukkan capaian positif," kata Hirwandi dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Minggu (18/04/2021).

Sejak pandemi dimulai pada awal tahun 2020 hingga pertengahan April 2021, BTN tercatat menyalurkan KPR Subsidi baik skema konvensional maupun syariah untuk lebih dari 153.000 rumah senilai Rp 21,5 triliun.

Tersedia beragam produk KPR Subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yakni KPR Subsidi berskema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) dengan bunga 5 persen fix rate atau tetap hingga 20 tahun.

Selain itu terdapat KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan bantuan uang muka hingga Rp 40 juta.

Baca juga: Lebaran di Rumah Baru, dengan Uang THR Bisa Beli Unit Rp 130 Juta

Sebagai informasi, hingga Desember 2020, BBTN masih menempati posisi teratas dalam pangsa pasar KPR Subsidi.

Bank yang dulunya bernama Bank Tabungan Pos ini terekam mendominasi pasar KPR Subsidi sebesar 87 persen per akhir tahun lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X