Rahasia Mendesain Rumah Sempit Ukuran 30 Meter Persegi

Kompas.com - 27/03/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu, meja tamu. PEXELS/TERJE SOLLIEIlustrasi ruang tamu, meja tamu.

KOMPAS.com - Jakarta bukan satu-satunya kota besar di dunia yang menghadapi masalah kepadatan penduduk dan minimnya lahan untuk dibangun hunian.

Brasilia di Brasil juga mengalami masalah serupa. Karena itulah, para pengembang dan penduduk kota tersebut berbondong-bondong menggunakan konsep ruangan berfungsi ganda pada rumahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu contoh konsep tersebut bisa dilihat pada apartemen berukuran 30 meter persegi di Brasilia yang dibuat oleh BEP Architects.

BEP menjawab kebutuhan pemilik apartemen yang tidak hanya menginginkan kehidupan sosial di tempat tinggal mereka, tetapi juga keintiman di ruang tersebut.

Baca juga: Pasca-pandemi, Desain Rumah Sehat dan Punya Balkon Makin Diminati

Sejatinya, tak banyak yang bisa dilakukan dalam ruangan seluas 30 meter persegi. Di dalam apartemen ini, pemberian sekat-sekat hampir tidak mungkin.

Namun, BEP Architects secara kreatif menjawab tantangan tersebut. Mereka membuat pengaturan tata ruang sesuai kebutuhan pemiliknya, yaitu mampu berfungsi sebagai ruang yang membuat keluarga merasa nyaman dan intim.

Bahkan, apartemen tersebut juga bisa menjadi ruang bersosialisasi.

BEP Architects hanya melakukan trik sederhana berupa pemasangan tempat tidur yang dapat dimasukkan dalam lemari. Selain itu, meja yang ada di bagian kaki tempat tidur juga bisa dialihfungsikan sebagai meja makan. freshome.com BEP Architects hanya melakukan trik sederhana berupa pemasangan tempat tidur yang dapat dimasukkan dalam lemari. Selain itu, meja yang ada di bagian kaki tempat tidur juga bisa dialihfungsikan sebagai meja makan.
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cermin sebagai pintu kamar mandi. Pantulan cermin mampu memberikan ilusi adanya ruangan lain menyambung dengan apartemen mungil tersebut.

Namun, bukan itu rahasianya. Rumah ini bisa "disulap" hingga memiliki tiga denah berbeda. Dalam keadaan normal, apartemen studio ini memiliki kamar mandi, area dapur, dan area tidur.

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Jasa Desainer Interior? Ini Jawabannya

BEP Architects hanya melakukan trik sederhana berupa pemasangan tempat tidur yang dapat dimasukkan dalam lemari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.