Kompas.com - 27/01/2021, 07:00 WIB
Konsep hunian sehat yang mengedepankan bukaan untuk sirkulasi udara dan pencahayaan. copyright Studio ArsitektropiSKonsep hunian sehat yang mengedepankan bukaan untuk sirkulasi udara dan pencahayaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute (JPI) Wendy Haryanto mengatakan, desain rumah dengan fasilitas ruang terbuka saat ini lebih banyak diminati konsumen.

Menurutnya, di tengah banyak orang yang beraktivitas di dalam rumah atau work from home (WFH) dan school from home (SFH) akibat pandemi Covid-19, rumah dengan sirkulasi udara yang memadai tentu sangat dibutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selama pandemi ini orang-orang lebih suka rumah-rumah yang terbuka lebih banyak outdoor-nya, karena mereka butuh perputaran udara yang sehat," kata Wendy dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Wendy memprediksi, konsep rumah dengan fasilitas ruang terbuka akan menjadi tren meski pandemi telah berakhir.

Baca juga: Usai Pandemi, 55,6 Persen Karyawan PIlih Kombinasi WFO dan WFH

Berdasarkan survei yang dilakukan JPI terhadap 408 responden, setengahnya atau 55 persen masih menginginkan bekerja di dua tempat, yaitu kantor dan rumah.

Oleh karenanya, desain rumah dengan sirkulasi udara terbuka sangat penting dan dibutuhkan saat ini, terutama untuk menjaga kesehatan dan mendukung mobilitas dan aktivitas penghuni.

"Ke depan pola kombinasi bekerja di rumah dan kantor ini banyak diminati. Bahkan 28,9 persen responden dari 408 responden itu memilih untuk sepenuhnya bisa bekerja dari rumah. Jadi, butuh desain rumah yang terbuka dengan sirkulasi udara yang sehat," tuturnya.

Selain itu, di tengah pandemi ini juga banyak konsumen yang mencari apartemen dengan fitur utamanya adalah terdapat fasilitas balkon.

"Bahkan orang mencari apartemen itu mereka mencari balkon. Jadi mereka minta ada yang terbukanya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.