Pengembang Minta Pemerintah Pilih Sosok Berpengalaman Pimpin BTN

Kompas.com - 09/03/2021, 19:50 WIB
Ilustrasi rumah Dok. Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang properti menilai dalam masa pemulihan ekonomi Nasional, sektor properti butuh sosok berpengalaman khususnya pembiayaan perumahan.

Untuk itu, pemerintah diminta bijaksana dalam memilih dan menentukan sosok pemimpin PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN karena sangat terkait erat dengan industri perumahan Nasional.

Wakil Ketua Umum Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Irwan mengungkapkan hal itu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (09/03/2021).

"Properti adalah sektor penting yang berpengaruh terhadap 170 industri lainnya seperti semen, genteng, cat, dan lain-lain, sehingga sektor ini butuh sosok yang berpengalaman," kata Irwan.

Baca juga: 1 Maret 2021, Beli Rumah DP 0 Persen Resmi Berlaku

Menurut dia, untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah yang digulirkan Pemerintah sejak April 2015, sangat dibutuhkan profesional berpengalaman.

Dengan demikian, program pemerintah lebih cepat terwujud demi bergeraknya industri ikutan lainnya, sehingga ekonomi bisa lebih cepat bangkit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal senada dikemukakan Direktur Utama Citra Swarna Group Victor. Dia berpendapat, sektor properti butuh pemimpin yang berpengalaman dan tahu seluk-belum permasalahan rumah, terutama segmen subsidi.

Menurut Victor, selain karena kebutuhan pembiayaan yang besar bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), proses menjalan implementasi dengan segala atran yang sudah ada tidaklah mudah.

Untuk itu dia berharap Pemerintah akan memilih pemimpin BTN yang mengerti dan berpengalaman mengenai pembiayaan rumah subsidi atau FLPP dan seluk beluk bisnis BTN.

“Kalau tidak berpengalaman yang repot nanti masyarakat berpenghasilan rendahnya sendiri yang jadi terbengkalai sebagaimana dimaksud dari tujuan program sejuta rumah,” imbuh dia.

Baca juga: Kabar Gembira, Rumah dengan Harga Maksimal Rp 2 Miliar Bebas PPN

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X