Orang Bandung Lebih Suka Cari Rumah di Bandung, Bagaimana dengan Depok?

Kompas.com - 24/02/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Bandung lebih suka mencari rumah dan tinggal di Bandung. Dengan kata lain, Bandung menjadi lokasi favorit untuk tinggal bagi penduduknya.

Hal ini terungkap dari webinar Property Outlook 2021 yang digelar Rumah123 dan 99 Group, Rabu (24/02/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Country Manager Rumah123 Maria Herawati Manik, ada sekitar 92,6 persen orang Bandung yang mencari dan memilih rumah di lokasi mereka tinggal.

Hanya 1,2 persen orang Bandung yang punya keinginan untuk mencari dan tinggal di kota lain seperti Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Tangerang, dan Surabaya.

Baca juga: Beli Rumah Rp 300 Juta, Ini Cicilan yang Harus Dibayar dengan DP 0 Persen

Tak hanya orang Bandung, lanjut Maria, mereka yang saat ini berdomisili di Surabaya  juga lebih memilih untuk tinggal di lokasi yang sama yakni sekitar 91,5 persen, sementara 3,4 persen punya keinginan tinggal di Tangerang Selatan, 1,4 persen di Jakarta Utara dan 1,7 persen di Depok.

Bagaimana dengan penduduk Depok? 

Dalam survei ini, disebutkan bahwa orang Depok masih mencintai kotanya sebagai tempat tinggal dengan angka 62,3 persen.

Meskipun demikian, banyak juga yang ingin tinggal di Bogor yakni sekitar 18,9 persen, sedangkan yang ingin tinggal di Tangerang Selatan berjumlah 9,4 persen.

"Yang menarik adalah penduduk Jakarta yang menunjukkan pilihan moderat. Sekitar 9,3 persen menginginkan tinggal di Tangerang Selatan, dan 7,9 persen ingin tinggal di Tangerang," ujar Maria.

Sedangkan mereka yang memilih rumah dan ingin tinggal di Jakarta Barat menempati posisi tertinggi dengan angka 17,9 persen.

Adapun penduduk Jakarta yang mengidamkan tinggal di kawasan Jakarta Selatan sebanyak 17,3 persen.

Survei yang dilakukan Rumah123 ini berdasarkan lokasi properti favorit sesuai daya beli dan domisili para pencari properti.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.