Kompas.com - 01/02/2021, 12:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan kawasan Industri Fase II di Batang dan Perluasan Kawasan Industri Kendal Jawa Tengah dan Kawasan Industri di Subang Jawa Barat harus sesuai dengan tata ruang.

"Pemilihan, penetapan dan penggunaan lahan untuk kawasan industri harus sesuai dan mengacu kepada ketentuan yang ditetapkan oleh Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Wilayah Nasional," kata Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Senin (01/02/2021).

Baca juga: Optimisme dari Subang Pasca-peresmian Pelabuhan Internasional Patimban

Kamarzuki menjelaskan, keberadaan kawasan industri di Indonesia merupakan salah satu program Pemerintah untuk mendorong penguatan daya saing investasi dan industri.

Selain itu, kawasan industri juga dapat mempercepat penyebaran dan pemerataan pembangunan.

Karenanya, Kementerian ATR/BPN terus mengawal dan melakukan tinjauan ke sejumlah kawasan industri yang akan dibangun.

Dia merinci terdapat tiga kawasan industri yang sedang dibangun yaitu Kawasan Industri Terpadu Batang di Kabupaten Batang, dan Perluasan Kawasan Industri Kendal Fase II di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal.

Kemudian pembangunan Kawasan Industri Manyingsal di Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.

"Peninjauan kesesuaian tata ruang merupakan landasan pokok bagi pengembangan kawasan industri yang akan menjamin kepastian pelaksanaan pembangunan ke depannya," tuntas Kamarzuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.