Duet Singapura-Finlandia Kembangkan Solusi Kota Pintar Berbasis 5G

Kompas.com - 08/01/2021, 11:54 WIB
Teknologi kota pintar sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah perkotaan. shutterstockTeknologi kota pintar sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah perkotaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Helsinki Business Hub (HBH) bekerja sama dengan Smart Urban Co-Innovation Lab, merintis dan mengembangkan solusi kota pintar.

Nantinya, Smart Urban Co-Innovation Lab berperan sebagai wadah untuk menyatukan para pemimpin di ruang kota dalam menciptakan dan menguji inovasi teknologi berkemampuan 5G.

Sebagaimana diketahui, Smart Urban Co-Innovation Lab merupakan laboratorium pertama di Asia Tenggara yang dikembangkan oleh CapitaLand dan didukung oleh Infocomm Media Development Authority (IMDA) dan Enterprise Singapore.

Lab tersebut telah dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura S Iswaran pada 28 Oktober 2020 silam.

Chief Executive Officer (CEO) HBH Miska Hakala mengatakan, baik Singapura dan Finlandia memiliki banyak ahli dan kemajuan teknologi di sektor lingkungan perkotaan.

"Dengan bergandengan tangan untuk menyatukan keahlian dan pengetahuan, kami bersama-sama ciptakan konsep dan solusi baru yang dinamis di Singapura," ujar Miskala dalam siaran pers, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Kawasan Eks Bandara Perang Dunia II Bakal Disulap Jadi Kota Pintar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Miskala melanjutkan, pihaknya juga dapat membantu dalam membangun ekosistem sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan kota pintar tersebut.

Sebagai permulaan, HBH dan Smart Urban Co-Innovation Lab akan mengatur setidaknya satu acara per tahun baik di Singapura maupun Finlandia.

Tujuannya, mengikutsertakan perusahaan-perusahaan kompatibel untuk berkolaborasi dalam proyek ini.

Chief Customer Solutions Officer CapitaLand Group Aylwin Tan mengatakan, dia melihat potensi besar melalui platform kolaborasi antar industri itu.

"Ini akan mempertemukan para pelaku industri Singapura dan Finlandia, dua pendorong terkemuka, sekaligus pengadopsi solusi kota pintar dalam mengeksplorasi peluang di negara kita (Singapura) dan sekitarnya," ujar Aylwin.

Aylwin berharap, kerja sama ini akan menciptakan inovasi kuat antara Singapura dan Finlandia.

Adapun, HBH telah menjalin hubungan kerja erat dengan berbagai instansi pemerintah di Singapura seperti Building and Construction Authority, Enterprise Singapore dan anak perusahaannya IPI Singapura, serta Housing & Development Board (HDB).



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X