Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Singapura-Finlandia Kembangkan Solusi Kota Pintar Berbasis 5G

Kompas.com - 08/01/2021, 11:54 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helsinki Business Hub (HBH) bekerja sama dengan Smart Urban Co-Innovation Lab, merintis dan mengembangkan solusi kota pintar.

Nantinya, Smart Urban Co-Innovation Lab berperan sebagai wadah untuk menyatukan para pemimpin di ruang kota dalam menciptakan dan menguji inovasi teknologi berkemampuan 5G.

Sebagaimana diketahui, Smart Urban Co-Innovation Lab merupakan laboratorium pertama di Asia Tenggara yang dikembangkan oleh CapitaLand dan didukung oleh Infocomm Media Development Authority (IMDA) dan Enterprise Singapore.

Lab tersebut telah dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura S Iswaran pada 28 Oktober 2020 silam.

Chief Executive Officer (CEO) HBH Miska Hakala mengatakan, baik Singapura dan Finlandia memiliki banyak ahli dan kemajuan teknologi di sektor lingkungan perkotaan.

"Dengan bergandengan tangan untuk menyatukan keahlian dan pengetahuan, kami bersama-sama ciptakan konsep dan solusi baru yang dinamis di Singapura," ujar Miskala dalam siaran pers, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Kawasan Eks Bandara Perang Dunia II Bakal Disulap Jadi Kota Pintar

Miskala melanjutkan, pihaknya juga dapat membantu dalam membangun ekosistem sumber daya manusia (SDM) untuk pengembangan kota pintar tersebut.

Sebagai permulaan, HBH dan Smart Urban Co-Innovation Lab akan mengatur setidaknya satu acara per tahun baik di Singapura maupun Finlandia.

Tujuannya, mengikutsertakan perusahaan-perusahaan kompatibel untuk berkolaborasi dalam proyek ini.

Chief Customer Solutions Officer CapitaLand Group Aylwin Tan mengatakan, dia melihat potensi besar melalui platform kolaborasi antar industri itu.

"Ini akan mempertemukan para pelaku industri Singapura dan Finlandia, dua pendorong terkemuka, sekaligus pengadopsi solusi kota pintar dalam mengeksplorasi peluang di negara kita (Singapura) dan sekitarnya," ujar Aylwin.

Aylwin berharap, kerja sama ini akan menciptakan inovasi kuat antara Singapura dan Finlandia.

Adapun, HBH telah menjalin hubungan kerja erat dengan berbagai instansi pemerintah di Singapura seperti Building and Construction Authority, Enterprise Singapore dan anak perusahaannya IPI Singapura, serta Housing & Development Board (HDB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com