Kawasan Eks Bandara Perang Dunia II Bakal Disulap Jadi Kota Pintar

Kompas.com - 03/12/2017, 14:34 WIB
Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston. DezeenRancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Firma arsitek Elkus Manfredi dan Sasaki, baru-baru ini merilis masterplan untuk mengubah bekas lapangan terbang Angkatan Laut yang terletak di Boston selatan, menjadi sebuah kota cerdas.

Firma arsitek yang berbasis di Boston itu, diketahui telah merancang seluruh kawasan kota cerdas yang terletak sekitar 19 kilometer selatan Boston, dan dekat dengan Weymouth, Rockland, dan Abington.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengembang LStar Ventures yang pada dua tahun lalu mengakuisisi lahan seluas 607 hektar di sana, berambisi untuk mengembangkan komunitas baru dari bawah ke atas.

Di wilayah yang diakuisisi, sebelumnya beroperasi lapangan terbang mulai dari 1942-1997.

Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.Dezeen Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.

Salah satu tugas pokok lapangan terbang itu adalah mendukung tugas pokok pesawat tempur Angkatan Laut AS selama masa Perang Dunia II.

Bertajuk Union Point, proyek itu akan dikembangkan bersama dengan rancangan kota cerdas lainnya di AS dan Kanada, termasuk Altar Sidewalk Labs di tepi pantai Toronto dan sebuah kawasan di Arizona milik Bill Gates.

Layaknya kota cerdas pada umumnya, dalam pengembangannya akan digabungkan fitur berteknologi tinggi seperti kendaraan otonom, sistem cerdas untuk mengumpulkan berbagai data guna memperbaiki gaya hidup kota masa depan, hingga sistem manajemen perkotaan.

Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.Dezeen Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.

Elkus Manfredi dan Sasaki ingin agar proyek kota masa depan itu juga mempertimbangkan aspek desain lingkungan berkelanjutan di dalam proposal mereka.

"Menjadi sebuah paradigma baru dalam kehidupan kota cerdas dan terhubung, Union Point akan mendukung semua aspek kehidupan dalam satu tujuan yang mengilhami inovasi dan mengintegrasikan sistem teknologi, kehidupan dan sosial dengan keberlanjutan lingkungan, ekonomi dan sosial jangka panjang," kata tim seperti dikutip dari Dezeen.

Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.Dezeen Rancangan kota cerdas yang akan dibangun di selatan wilayah Boston.

"Hasilnya, akan tercipta sebuah komunitas yang menggabungkan kehidupan aktif kota cerdas yang menawarkan kelebihan kerapatan perkotaan dengan lingkungan yang sangat layak huni," lanjutnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.