Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada LRT Palembang, Bandara-Jakabaring Cuma 40 Menit

Kompas.com - 26/10/2017, 21:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

PALEMBANG, KompasProperti - Kehadiran proyek light rail transit (LRT) Palembang, diyakini menjadi salah solusi kemacetan bagi masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Sumatera Selatan itu.

Proyek LRT ini dirancang memiliki panjang 23,4 kilometer, dengan jarak yang membentang mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin hingga kawasan sport center Jakabaring.

Sehari-hari, kondisi lalu lintas di wilayah ini cukup padat. Kepala Proyek Utama LRT Palembang, Mas'udi Jauhari menyebut, diperlukan waktu sekitar 30-40 menit untuk melintasi jalur tersebut pada saat subuh pagi hari.

Sementara, bila waktu sudah lebih dari pukul 06.00 WIB, maka waktu tempuh normal yang dibutuhkan lebih panjang, yaitu antara 1,5 jam hingga 2 jam.

"Kalau ini sudah jadi, waktu tempuh dari ujung ke ujung cukup 40 meni," kata Mas'udi kepada awak media di Palembang, Kamis (26/10/2017).

Dalam sekali perjalanan, ia menambahkan, setiap kereta yang terdiri atas tiga gerbong dapat menampung penumpang maksimum 630 orang.

Dengan asumsi, untuk setiap pemberhentian di stasiun maksimum 40 detik, dan 360 detik untuk stasiun terakhir yaitu Stasiun Bandara dan Stasiun OPI.

"Kecepatan rata-rata 32,9 kilometer per jam dan jumlah penumpang per hari ditargetkan 143.329 orang atau sekitar 7.160 orang per jam," tuntas Mas'udi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com