Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Beroperasi, Terminal 4 Bandara Changi Dipuji Dunia

Kompas.com - 02/11/2017, 14:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SINGAPURA, KompasProperti - Terminal 4 (T4) Bandara Internasional Changi, Singapura, yang baru saja resmi beroperasi pada Minggu (31/10/2017), mendapat pujian warganet dari seluruh dunia.

Akun @TravelingSunday berkicau bahwa T4 sangat bagus beserta furnitur dan segala fasilitas pelengkapnya yang lucu-lucu.

 

Kemudian Escape Australia dengan akun @Escape_team yang terverifikasi mengungkapkan kekagumannya dengan cuitan, "Bandara masa depan telah datang".

 

Sementara otoritas Vancouver Airport dengan akun resminya, @yvrairport, mengucapkan selamat atas pembukaan terminal baru yang spektakular sebagaimana selalu ditampilkan oleh pemimpin industri ini (Changi Airport Group).

 

Penerbangan perdana

Penerbangan Cathay Pacific CX659 dari Hongkong merupakan penerbangan pertama yang tiba di gedung baru tersebut pada pukul 05.40 waktu setempat.

Baca juga : Kelas Dunia, Bandara Changi Dilengkapi Air Terjun hingga Sky Netz

Maskapai penerbangan berbasis di Hongkong tersebut beserta Korean Air, merupakan dua dari sembilan operator pertama yang menggunakan terminal baru ini.

Mengutip situs changiairport.com menjelang pukul 17.00 waktu setempat, T4 telah melayani 11 penerbangan dengan 2.400 penumpang.

Interior ruang tunggu di Terminal 4 Bandara Internasional Changi, Singapura.changiairport.com Interior ruang tunggu di Terminal 4 Bandara Internasional Changi, Singapura.

Lebih dari 80 persen pelancong menggunakan setidaknya satu dari pilihan layanan mandiri Fast and Seamless yang baru untuk check-in, drop-bagage, imigrasi, dan asrama.

Baca juga : Rampung Akhir 2016, Terminal 4 Bandara Changi Tawarkan Pengalaman Baru

Wakil Presiden Eksekutif Bandara Changi untuk Manajemen Bandara Tan Lye Teck, mengatakan setelah lima tahun masa konstruksi, pihaknya sangat senang bisa memulai operasi T4.

Terminal ini, kata Lye Teck akan meningkatkan kapasitas Bandara Internasional Changi dengan pergerakan penumpang 16 juta orang per tahun, sehingga totalnya sebanyak 82 juta penumpang untuk keseluruhan bandara.

Main foyer di Terminal 4 Bandara Internasional Changi, Singapura.changiairport.com Main foyer di Terminal 4 Bandara Internasional Changi, Singapura.

T4 diperkirakan akan menangani sekitar 8 juta penumpang pada tahun pertama operasinya.

"Kami bersyukur bahwa semuanya telah lancar sejauh ini. Tim operasi kami akan terus memantau berbagai sistem untuk memastikan bahwa penumpang menikmati pengalaman perjalanan yang mulus," tuntas Lye Teck.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com