BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fabelio

Tips Menata Interior Toko di Tengah Pandemi, Sirkulasi Udara Jadi Kebutuhan Vital

Kompas.com - 24/12/2020, 08:04 WIB
Desain interior toko retail dari Fabelio Projects. DOK. FABELIO PROJECTSDesain interior toko retail dari Fabelio Projects.
|

KOMPAS.com – Bagi wirausahawan, pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan kompleks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wirausahawan tak hanya dituntut memiliki strategi pemasaran yang andal atau produk berkualitas. Lebih dari itu, mereka juga harus menyiapkan toko atau outlet yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

Keamanan dan kenyamanan bisa diberikan lewat berbagai cara. Namun, hal terpenting adalah penerapan protokol kesehatan di gerai.

Adapun protokol kesehatan yang bisa diterapkan mulai dari menyediakan tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun dan air mengalir, selalu mengecek suhu tubuh pengunjung yang datang, membatasi jumlah pengunjung di dalam ruangan, mewajibkan semua orang mengenakan masker, sampai menyediakan ruangan dengan sirkulasi udara baik.

Ya, ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar harus menjadi prioritas utama. World Health Organization (WHO) pada Kamis (29/7/2020) merilis informasi bahwa ruangan indoor yang memiliki sistem sirkulasi yang baik mampu mengurangi potensi persebaran virus corona.

Principle Designer dari Fabelio Projects Miftahuddin Nurdayat pun punya saran untuk mendesain ruangan outlet atau toko.

Baca juga: Tren Memasak di Rumah Meningkat, Kitchen Set di Dapur Harus Fungsional

Menurut ahli tata ruang interior tersebut, setiap area di dalam ruangan wajib mendapatkan sirkulasi langsung ke arah luar.

“Bila ruangan tidak mendapatkan sirkulasi langsung ke arah luar, Anda dapat menggunakan bantuan alat, seperti exhaust guna membantu melancarkan sirkulasi udara dari dalam ke luar dan sebaliknya,” ujar Miftahuddin kepada Kompas.com secara tertulis, Rabu (16/12/2020).

Ia juga mengatakan bahwa pemilik toko atau kafe harus membuat ruangan selalu terkoneksi dengan area luar ruangan secara langsung.

Dengan adanya koneksi tersebut, lanjut dia, ruangan bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lancar dan bonusnya memperoleh cahaya matahari langsung.

“Hal ini sangat berguna karena bisa membantu membunuh bakteri yang ada di dalam ruangan sehingga ruangan menjadi lebih sehat,” saran Miftahuddin.

Desain interior kafe dari Fabelio Projects.DOK. FABELIO PROJECTS Desain interior kafe dari Fabelio Projects.

Ciptakan ruang terbuka hijau

Saat ini, banyak pula kafe atau restoran yang memiliki konsep outdoor atau ruang terbuka. Dengan konsep ini, sirkulasi udara akan semakin baik dan pengunjung bisa lebih leluasa daripada berada di dalam ruangan.

Untuk menambah fungsi ruang terbuka agar lebih asri, Anda juga bisa menambahkan unsur hijau. Misalnya, menanam tanaman hias dengan konsep vertical garden atau bisa pula dengan menanam pohon rindang di beberapa spot sebagai tempat bersantai para pengunjung.

Dengan kehadiran ruang terbuka hijau tersebut, suasana kafe atau restoran pun akan terlihat lebih estetis sehingga bisa menarik minat banyak orang untuk berkunjung. Namun, tetap ingat untuk selalu membatasi jumlah orang yang datang demi kenyamanan bersama.

Menata tempat usaha yang aman dan nyaman memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan konsep dan perencanaan yang matang agar ruangan yang dihasilkan sesuai keinginan.

Baca juga: Desain Interior Tak Bisa Asal, Ini Alasan Gunakan Jasa Desainer Interior

Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya Anda meminta bantuan tim desainer profesional, seperti yang ditawarkan Fabelio Projects.

Fabelio Projects merupakan jasa layanan untuk kebutuhan desain interior. Dalam menata tempat usaha, Anda akan dibantu desainer berpengalaman untuk merancang desain bangunan, tata letak furnitur, serta pembuatan kitchen set bagi pengusaha makanan dan minuman.

Miftahuddin mengatakan, Anda bisa langsung mengontak tim sales Fabelio untuk menggunakan jasa Fabelio Projects. Tim sales akan membantu Anda dengan berdiskusi mengenai scope project dan keinginan Anda sebagai klien.

“Bila seluruh brief sudah didapatkan, kami akan mengirimkan tim untuk mengukur lokasi. Setelah data-data sudah terkumpul, desainer akan mengerjakan desain sesuai dengan brief yang sudah diberikan. Tim kami akan membantu untuk membuat desain layouting, 3D modeling, pekerjaan sipil, dan juga pemilihan furnitur,” jelasnya.

Dengan demikian, Anda akan merasa lebih tenang dalam menata tempat usaha yang aman serta nyaman di tengah pandemi. Di lain sisi, Anda bisa lebih memusatkan pikiran ke hal lain untuk memajukan usaha.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.