Kompas.com - 07/12/2020, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com - Biaya desain dan renovasi ruang kantor di Asia Pasifik diprediksi akan mengalami kenaikan Tahun 2021. Tokyo tercatat merupakan kota dengan biaya desain kantor paling mahal.

Menurut Laporan JLL Asia Pacific Fit-Out Cost Guide 2020/2021, perusahaan perlu mengantisipasi tambahan anggaran untuk mendesain ulang atau meningkatkan kualitas ruang kerja mereka pada tahun depan.

Biaya renovasi ruang kantor rata-rata naik 4,7 persen dibanding tahun lalu di wilayah Asia Pasifik.

Penyebabnya karena kekurangan tenaga kerja, pertimbangan faktor kesehatan dan keselamatan, terbatasnya ketersediaan material, dan tingginya biaya pengiriman.

Executive Managing Director, Project Development Services, JLL Asia Pacific Martin Hinge mengatakan, dengan kebijakan pembatasan untuk menekan penularan Covid-19 jelas akan memperpanjang jadwal proyek.

Baca juga: Perkantoran Kosong di Jakarta Seluas 2,5 Juta Meter Persegi

Hal ini berdampak pada peningkatan biaya operasional konstruksi dan terutama biaya tenaga kerja.

Pemerintah  juga telah memberlakukan langkah-langkah yang ketat, termasuk peningkatan rutinitas inspeksi serta penegakan protokol kesehatan dan keselamatan, agar lokasi konstruksi dapat dibuka kembali.

"Ini adalah tindakan pencegahan yang penting dan diperlukan. Namun, dampak pada produktivitas serta jadwal proyek yang diperpanjang akan meningkatkan biaya," kata Martin dalam laporan yang diterima Kompas.com, Senin (07/12/2020).

Meski demikian, JLL meyakini kondisi seperti ini tidak akan menghalangi sebagian besar perusahaan untuk tetap berinvestasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif bagi karyawannya.

Martin menyebut, meski perusahaan meninjau ulang total aset propertinya, tetapi ruang kerja masih tetap memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan terutama untuk memberikan kualitas tempat yang terbaik bagi karyawannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.