Setelah SiKumbang, Muncul SiPetruk Sistem Pemantauan Konstruksi Rumah Subsidi

Kompas.com - 28/11/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang), Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkenalkan aplikasi baru yakni SiPetruk.

Ini merupakan Sistem Pemantauan Konstruksi yang tengah disosialisasikan kepada bank pelaksana dan penyalur Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Selain SiPetruk, diperkenalkan juga sistem e-FLPP 2.0 atau versi terbaru dari e-FLPP.

Hal ini didasari komitmen Pemerintah untuk memberikan hunian yang layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat, dan nyaman," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: 11.414 Lokasi Perumahan Tercatat di Aplikasi SiKumbang

Sistem e-FLPP 2.0 ini merupakan peningkatan performa layanan untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan menyediakan otomasi kebutuhan dokumen yang diperlukan bank pelaksana.

Dengan demikian, bank pelaksana tidak perlu lagi menggunggah dokumen yang dipersyarakatkan.

Dalam melakukan pengesahan dokumen, Sistem e-FLPP 2.0 telah menerapkan tanda tangan elektronik yang dapat diakses melalui gawai pintar.

Keamanan tanda tangan elektronik yang diterapkan tersebut merupakan standar keamanan tertinggi di Indonesia yang telah bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.

Di samping itu, Kementerian PUPR juga memperkenalkan SiPetruk yang diperuntukkan bagi para pengembang untuk memastikan kualitas hunian yang dibangun.

Baca juga: Awasi Pekerjaan Pengembang, Pemerintah Luncurkan Aplikasi SiPetruk

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X