Uniknya Bata Kaca, Material Pembangun Rumah

Kompas.com - 20/11/2020, 06:30 WIB
Batu bata kaca di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam. dezeen.comBatu bata kaca di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam.

KOMPAS.com - Studio arsitektur asal Vietnam, Room+Design & Build, melakukan renovasi tak biasa pada rumah kecil di pinggir jalan kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Room+Design & Build mengubah dua fasad pada rumah yang menghadap ke jalan dengan menggunakan batu bata kaca

Rumah kecil seluas 18 meter persegi ini terdiri dari dua lantai. Lantai 1 digunakan untuk toko, sedangkan lantai 2 dijadikan rumah pribadi oleh pemiliknya.

Baca juga: Meredam Kesalahan Arsitektur dengan Warna Putih

Founder Room+Design & Build Vinh Phuc Ta mengatakan, rumah tersebut direnovasi karena di bagian dalamnya sudah rusak dan terlihat sangat gelap.

Oleh karena itu, pemilik rumah meminta untuk direnovasi dengan konsep sederhana dan artistik untuk mengakomodasi toko kulit kecil sekaligus ruang tamu dan kamar tidur.

Batu bata kaca di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam.dezeen.com Batu bata kaca di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam.

"Konsep desain inti proyek ini menggunakan bata kaca. Bahan unik dan tidak umum ini untuk menggantikan fasad bata lama yang dikombinasikan dengan interior yang hemat ruang dan fleksibel," ujar Vinh seperti dikutip dari Dezeen, Kamis (19/11/2020).

Menurut Vinh, penggunaan batu bata kaca untuk menggantikan bata lama akan membuat hunian menjadi lebih terang karena cahaya dapat dengan mudah masuk ke rumah.

Bahkan, batu bata kaca ini akan membuat ilusi seolah-olah bangunan menyatu dengan lingkungan sekitar saat siang hari.

Baca juga: Permainan Geometri Bikin Arsitektur Rumah Minimalis Ini Makin Menarik

Batu bata kaca di ruko Ho Chi Minh, Vietnam. dezeen.com Batu bata kaca di ruko Ho Chi Minh, Vietnam.
Sementara pada malam hari, bangunan akan terlihat paling terang karena lampu dinyalakan pada saat itu.

Pada lantai dasar bangunan, Room+Design & Build merancang dapur kecil dan toilet menggunakan kaca buram untuk menjaga privasi sang pemilik.

Sama halnya di lantai 1, kamar tidur utama dan kamar mandi kecil di lantai 2 pun juga dilengkapi dengan kaca buram.

Vinh mengungkapkan, inovasi ini akan memberikan pengalaman baru seseorang untuk memiliki gaya rumah minimalis yang menyatu dengan lingkungan sekitarnya. 



Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X