Kata Adhi, Tinggal di TOD LRT City Bekasi Hemat Rp 100.000 Per Hari

Kompas.com - 15/11/2020, 19:48 WIB
LRT City Bekasi-Eastern Green Adhi Commuter PropertiLRT City Bekasi-Eastern Green

JAKARTA, KOMPAS.COM - Permasalahan kota besar seperti Jakarta bukan hanya tentang kemacetan, tetapi juga harga lahan yang semakin tinggi sehingga sangat sulit bagi sebagian besar masyarakat untuk memiliki hunian.

Karena itu, pemerintah terus mendorong pertumbuhan hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi atau lebih dikenal dengan adaptasi konsep Transit Oriented Development (TOD) di pusat-pusat kepadatan kota agar para penglaju (komuter) bisa hidup dengan lebih efisien.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT Adhi Commuter Properti mengembangkan LRT City yang merupakan kawasan hunian terintegrasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Menurut Direktur Pemasaran PT Adhi Commuter Properti Indra Syahruzza, secara berkelanjutan sarana transportasi modern seperti LRT akan menjadi tren dan kebutuhan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Baca juga: 22 LRT City Bakal Dikembangkan Adhi Commuter Properti

"Kita bisa melihat antusiasme masyarakat terkait transportasi masal modern seperti KRL Commuter Line maupun moda raya terpadu (MRT)," kata Indra dalam keterangan tertulis, Minggu (15/11/2020).

Salah satu proyek yang tengah dikembangkan adalah LRT City Bekasi-Eastern Green yang berada di kawasan Bekasi sebagai salah satu kota penyangga Jakarta dengan jumlah penglaju cukup banyak.

Berlokasi 0 kilometer dari Stasiun LRT Jatimulya dan exit toll Bekasi Timur, LRT City Bekasi-Eastern Green juga dilengkapi dengan sarana Bus Rapid Transit (BRT) Transjabodetabek.

Project Director LRT City Bekasi-Eastern Green Setya Aji Pramana memaparkan, hunian terintegrasi LRT dan moda transportasi lain akan membantu penghuni menghemat pengeluaran.

Setya menghitung fleksibilitas, efektifitas, hingga efisiensi: bila konsumen menggunakan kendaraan pribadi, biaya yang harus dikeluarkan antara lain untuk BBM sekitar Rp 50.000 per hari, biaya jalan tol Rp 35.000 dan biaya parkir Rp 50.000.

Secara total dibutuhkan biaya harian sekitar Rp 135.000 apabila konsumen tinggal di Bekasi dan berkantor di wilayah Sudirman ataupun Kuningan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X