22 LRT City Bakal Dikembangkan Adhi Commuter Properti

Kompas.com - 22/07/2018, 23:38 WIB
Maket pembangunan LRT City-Royal Sentul Park. KOMPAS.com / DANI PRABOWOMaket pembangunan LRT City-Royal Sentul Park.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tuntutan gaya hidup praktis kaum urban metropolitan sesibuk Jakarta dan sekitarnya, memotivasi PT Adhi Commuter Properti (ACP) mengembangkan LRT City terintegrasi transportasi massal berbasis rel.

LRT City merupakan konsep hunian dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak (compact), mengadopsi tata campuran (mixed use), maksimalisasi penggunaan angkutan massal, dan dilengkapi jaringan jalur pejalan kaki/sepeda (pedestrian/bike lane).

Hingga tahun 2022 mendatang, ACP menargetkan dapat membangun sebanyak 22 LRT City yang tersebar di seluruh trase pengembangan light rail transit yang konsesinya dimiliki induk usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sesuai penugasan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan (LRT) Terintegrasi di Wilayah Jabodebek, ACP akan membangun LRT City di tiga jalur pelayanan dalam tahap satu pembangunan LRT.

Baca juga: Setahun Lagi, Warga Cibubur Bisa Menikmati LRT

Tahap satu dengan panjang lintasan 43,3 kilometer ini mencakup Lintas Cawang-Cibubur sepanjang 14,3 kilometer, Lintas Cawang-Bekasi Timur 18,5 kilometer, dan Lintas Cawang-Dukuh Atas dengan panjang 10,5 kilometer.

Sebagai tahap awal, ACP membangun 7 LRT City dengan total nilai investasi Rp 12 triliun. Ketujuh LRT City tersebut, masing-masing Eastern Green, Urban Signature, Gateway Park, Royal Sentul Park, Oase Park, Cisauk Point, dan MTH 27.

"Tiga di antara ketujuh proyek tersebut sedang dalam tahap pembangunan yakni Eastern Green, Royak Sentul Park, dan Gateway Park. Sementara empat proyek lainnya masih dalam tahap persiapan," ujar Direktur Utama ACP Amrozi Hamidi kepada Kompas.com, Sabtu (21/7/2018).

Sementara 13 LRT City lainnya masih dikaji kelayakan bisnis, dan finansialnya. Termasuk lokasi-lokasi incaran sebagai pengembangan masa depan (future development). 

ACP, kata Amrozi, akan secara agresif dan ekspansif mengembangkan LRT City. Hal ini tidak saja sebagai upaya untuk menjadi engine of growth  dari induk usaha, juga mengedukasi pasar tentang hidup praktis di kawasan dengan dukungan transportasi massal berbasis rel.

"Secara investasi, bagi perusahaan, ini sangat menguntungkan. Sementara bagi investor pembeli, gain dan yield  yang ditawarkan sangat positif, sekitar 20 persen. Harganya saat ini Rp 565 juta tipe studio," tutur Amrozi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X