Kompas.com - 05/10/2020, 12:31 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kawasan Danau Tondano di Provinsi Sulawesi Utara. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kawasan Danau Tondano di Provinsi Sulawesi Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, revitalisasi Danau Tondano akan menjadi program prioritas bidang Sumber Daya Air (SDA) di Provinsi Sulawesi Utara.

"Danau adalah tampungan air alami yang harus dijaga dengan baik. Maka dari itu, dalam program kerja PUPR bidang Sumber Daya Air (SDA) di Provinsi Sulawesi Utara akan difokuskan untuk revitalisasi Danau Tondano," terang Basuki seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (5/1/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, revitalisasi bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan, pembersihan gulma air atau eceng gondok, pembuatan tanggul, serta penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Demi melancarkan proses revitalisasi Danau Tondano, Kementerian PUPR akan menurunkan alat harvester untuk membersihkan eceng gondok atau sama halnya yang dilakukan di Danau Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah.

Selain membersihkan danau, pekerjaan prioritas yang harus diselesaikan dalam revitalisasi Danau Tondano adalah pembangunan tanggul pembatas badan air danau sepanjang 18 kilometer.

Dia menargetkan, pembangunan tanggul secara keseluruhan dapat tuntas dalam waktu tiga tahun ke depan atau paling lambat tahun 2024.

Adapun kebutuhan anggaran untuk pembuatan tanggul di Danau Tondano senilai Rp 1 triliun.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah menyelesaikan revitalisasi Sungai Tondano yang mengalir ke badan air Danau Tondano.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut sebesar Rp 108,6 miliar dengan masa pelaksanaan tahun 2016 hingga 2018.

Baca juga: Revitalisasi Danau Tondano Butuh Rp 561 Miliar

Pada tahun 2019, pelaksanaan revitalisasi dikucurkan sebanyak Rp 10 miliar yakni, pembangunan tanggul pembatas badan air danau sepanjang sekitar 108 meter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.