Ini Teknologi Pereduksi Kerusakan Infrastruktur Layang Saat Gempa

Kompas.com - 24/09/2020, 19:00 WIB
Foto erection pemasangan terakhir U-shape sebanyak 2.902 unit. Dok. PT Adhi Karya (Persero) TbkFoto erection pemasangan terakhir U-shape sebanyak 2.902 unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pereduksi gaya gempa atau disebut seismic isolator merupakan inovasi yang berpotensi mengurangi kerusakan pada suatu proyek elevated (layang), misalnya jembatan.

Teknologi tersebut dapat mengisolasi struktur atas pada jembatan dari gerakan tanah yang mengalami gempa bumi.

Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) Iswandi Imran mengatakan hal itu dalam lokakarya Megainfrastruktur dan Infrastruktur Tahan Gempa Karya Anak Bangsa secara virtual, Kamis (24/9/2020).

Teknologi pereduksi gaya gempa juga berfungsi mengurangi kerusakan pada pier dan pondasi suatu jembatan.

"Misalnya, (teknologi pereduksi gaya) itu lead rubber bearing (LRB), friction pendulum dan lain sebagainya," terang Iswandi.

Iswandi melanjutkan, teknologi tersebut juga dapat berfungsi sebagai sekring untuk membatasi gaya inertia yang masuk pada sub-struktur maupun pondasi.

Baca juga: Berpotensi Likuefaksi, Jalan di Bandara YIA Dibangun dengan Metode Dynamic Compaction

Pendek kata, teknologi seismic isolator juga dapat meredam gaya gempa yang masuk ke dalam elemen struktur jembatan.

Sementara sistem konvensional, ketika mengalami getaran gempa, akan terjadi kerusakan pada elemen pier yang terserap cukup banyak oleh struktur tersebut.

Hal ini berbeda dengan menggunakan teknologi seismic isolator, getaran gempa dapat terserap namun tak terjadi kerusakan signifikan.

Bahkan, kata Irwandi, teknologi tersebut dapat meningkatkan kinerja struktur jembatan saat nantinya terkena gempa kembali.

Salah satu proyek yang menggunakan inovasi tersebut yakni, Lintas Rel Terpadu ( LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi ( Jabodebek).

Teknologi seismic isolator dipasang di setiap ujung u-shape girder ( gelagar jembatan) LRT Jabodebek.

Perlu diketahui, kata Iswandi, u-shape girder merupakan girder utama dari pembangunan proyek LRT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X