Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Gelar Pameran Virtual Rumah Subsidi 25-29 Agustus

Kompas.com - 21/08/2020, 13:59 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengadakan pameran virtual perumahan subsidi pada 25-29 Agustus 2020.

Pameran tersebut melibatkan 13 bank pelaksana penyalur dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) serta 170 pengembang rumah subsidi beserta Perum Perumnas.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR Arief Sabaruddin mengatakan, acara ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional 2020.

Baca juga: Pemerintah Naikkan Bantuan Rumah Subsidi Jadi 70 Persen

"Pameran virtual ini merupakan pameran pertama yang dilaksanakan di Indonesia untuk perumahan subsidi," kata Arief melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Masyarakat dapat mengikuti pameran dengan melalui www.hapernas20.com dan dapat langsung melihat hunian serta memilih bank pelaksana yang diinginkan.

Arief menambahkan, melalui pameran perumahan virtual ini, masyarakat bisa mendapatkan akses dan informasi mengenai pembiayaan perumahan dan juga perumahan subsidi yang masih ready stock.

Selain pameran, pada ajang kali ini juga akan dilaksanakan akad massal 16.180 calon debitur yang terdiri dari 5.263 unit FLPP dan 10.917 unit SSB mulai dari 1-25 Agustus 2020 melalui 13 bank pelaksana.

Baca juga: Dampak Corona, Penjualan Rumah di Aceh Anjlok 30 Persen

Adapun rinciannya pada tanggal 1-24 Agustus akan diadakan akad sebanyak 6.559.

Sedangkan pada tanggal 25 Agustus 2020 akan dilaksanakan akad kredit masal KPR Sejahtera sebanyak 9.621 di 144 lokasi di seluruh Indonesia.

Pameran virtual perumahan ini juga berkesinambungan dengan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep yang saat ini dikelola oleh Kementerian PUPR melalui PPDPP sejak akhir tahun 2019.

Dengan aplikasi ini, masyarakat cukup mengunduh aplikasi ini melalui playstore dan mengisi semua data yang ada, sehingga sudah bisa mengakses pembiayaan perumahan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com