Kompas.com - 21/08/2020, 13:59 WIB
Ilustrasi rumah Dok. Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengadakan pameran virtual perumahan subsidi pada 25-29 Agustus 2020.

Pameran tersebut melibatkan 13 bank pelaksana penyalur dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) serta 170 pengembang rumah subsidi beserta Perum Perumnas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR Arief Sabaruddin mengatakan, acara ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional 2020.

Baca juga: Pemerintah Naikkan Bantuan Rumah Subsidi Jadi 70 Persen

"Pameran virtual ini merupakan pameran pertama yang dilaksanakan di Indonesia untuk perumahan subsidi," kata Arief melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Masyarakat dapat mengikuti pameran dengan melalui www.hapernas20.com dan dapat langsung melihat hunian serta memilih bank pelaksana yang diinginkan.

Arief menambahkan, melalui pameran perumahan virtual ini, masyarakat bisa mendapatkan akses dan informasi mengenai pembiayaan perumahan dan juga perumahan subsidi yang masih ready stock.

Selain pameran, pada ajang kali ini juga akan dilaksanakan akad massal 16.180 calon debitur yang terdiri dari 5.263 unit FLPP dan 10.917 unit SSB mulai dari 1-25 Agustus 2020 melalui 13 bank pelaksana.

Baca juga: Dampak Corona, Penjualan Rumah di Aceh Anjlok 30 Persen

Adapun rinciannya pada tanggal 1-24 Agustus akan diadakan akad sebanyak 6.559.

Sedangkan pada tanggal 25 Agustus 2020 akan dilaksanakan akad kredit masal KPR Sejahtera sebanyak 9.621 di 144 lokasi di seluruh Indonesia.

Pameran virtual perumahan ini juga berkesinambungan dengan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep yang saat ini dikelola oleh Kementerian PUPR melalui PPDPP sejak akhir tahun 2019.

Dengan aplikasi ini, masyarakat cukup mengunduh aplikasi ini melalui playstore dan mengisi semua data yang ada, sehingga sudah bisa mengakses pembiayaan perumahan yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.