Basuki dan Khofifah Inisiasi Akses Tol Pasar Induk Puspo Agro

Kompas.com - 10/08/2020, 19:47 WIB
(kiri-kanan) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kampus Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (10/8/2020). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).(kiri-kanan) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kampus Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (10/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merencanakan pembangunan akses tol ( interchange) menuju Pasar Induk Puspo Agro, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

Rencana pembangunan akses yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans Jawa tersebut dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak Pandemi Covid-19.

Menurut Basuki, manfaat Tol Trans Jawa tidak hanya sebagai jalur penghubung transportasi antar kota, juga kawasan industri dan pariwisata.

"Tol Trans Jawa akan memangkas biaya angkutan logistik dan mengurangi waktu tempuh pengiriman barang (delivery time)," ujar Basuki dalam siaran pers, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Tol Serpong-Cinere Beroperasi Fungsional Desember 2020

Basuki melanjutkan, kepastian waktu tempuh tersebut membuat para investor memiliki perhitungan rencana bisnis yang matang.  Sehingga, lapangan pekerjaan di sekitar pusat perindustrian dapat terbuka lebar.

Rencana pembangunan akses tol menuju Pasar Induk Puspo Agro ini merupakan prakarsa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Akses tol ini dibangun untuk mengoptimalisasi distribusi barang dan jasa menuju kawasan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo yang merupakan daerah penyangga Kota Surabaya sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas Jalan Sawunggaling Sidoarjo.

Usulan ini tertuang dalam Surat Gubernur Jatim No 620/17709/103/2019 tentang Permohonan Jalan Keluar/Masuk Jalan Tol Sidoarjo-Waru Menuju Pasar Modern Puspa Agro tertanggal 24 September 2019.

Baca juga: Tol Serpong-Cinere Beroperasi Fungsional Desember 2020

Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mendukung terlaksananya pembangunan akses Pasar Induk Puspo Agro dan akan melakukan evaluasi yang menjadi bagian dari perubahan ruang lingkup investasi jalan tol.

Ilustrasi jalan tol.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ilustrasi jalan tol.

Terdapat empat alternatif rencana pembangunan akses tol menuju Pasar Induk Puspo Agro.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X