Konstruksi Terowongan Katedral-Istiqlal Dikerjakan Tahun Ini

Kompas.com - 23/07/2020, 11:01 WIB
Masjid Istiqlal, Jakarta ShutterstockMasjid Istiqlal, Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan rencana pembangunan terowongan silaturahim antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral terus berlanjut.

Saat ini progres pembangunan terowongan tersebut masih dalam proses desain. Basuki mengatakan, ada tiga alternatif desain yang dipertimbangkan.

Dari ketiga alternatif tersebut, Kementerian PUPR disebut memilih desain yang paling aman, yakni terowongan yang menggunakan eskalator.

Baca juga: Selesai Direnovasi, Masjid Istiqlal Bisa Digunakan Shalat Idul Adha

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga menyebutkan, anggaran yang dialokasikan untuk membangun terowongan sekitar Rp 40 miliar.

"Sekitar Rp 40 miliar. Sedang kami selesaikan perencanaannya," kata Danis di Masjid Istiqlal, Rabu (22/7/2020).

Danis menambahkan, pembangunan terowongan akan dilaksanakan tahun ini.

Kondisi Masjid Istiqlal Jakarta pasca renovasi, Rabu (22/7/2020)Kompas.com/Rosiana Haryanti Kondisi Masjid Istiqlal Jakarta pasca renovasi, Rabu (22/7/2020)
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkap rencana pembangunan terowongan bawah tanah antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Hal itu disampaikan Jokowi di sela peninjauan renovasi Masjid Istiqlal. Terowongan tersebut dibangun untuk memudahkan para pejalan kaki yang menyeberang dari Istiqlal ke Katedral atau sebaliknya.

Baca juga: Jokowi Ungkap Rencana Pembangunan Terowongan Silaturahim antara Istiqlal dan Katedral

"Terowongan bawah tanah sehingga tidak nyeberang (di jalan). Sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahim," ujar Jokowi, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Jokowi mengatakan, terowongan tersebut sekaligus menyimbolkan adanya silaturahim antara jemaah di Masjid Istiqlal dengan umat di Gereja Katedral.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X