Logistik, Sektor Favorit Pengembang Lokal dan Internasional

Kompas.com - 22/07/2020, 18:56 WIB
Ilustrasi logistik cybrainIlustrasi logistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang berdampak seignifikan terhadap sektor properti membuat sejumlah pengembang berupaya ekstra keras untuk tetap dapat bertahan.

Sejumlah tantangan yang mengadang seperti turunnya permintaan, harga jual dan sewa yang tertekan, dan juga relokasi sejumlah penyewa disikapi dengan langkah-langkah strategis.

Jika pada beberapa tahun sebelumnya hunian apartemen dan perkantoran menjadi sektor paling favorit bagi para pengembang baik lokal maupun internasional, namun saat Pandemi Covid-19 sektor logistik paling disukai.

Country Head JLL Indonesia James Allan mengatakan hal ini dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Sektor logistik menjadi sektor yang disukai para pengembang lokal dan internasional di Indonesia mengingat besarnya peluang dari sisi sosial-ekonomi," kata James.

Baca juga: Pusat Data, New Normal di Kawasan Industri

Dia menambahkan, sektor logistik juga terbukti sangat tangguh di tengah pandemi dan permintaan sewa pun masih kuat pada Triwulan II-2020.

Operator dan pengembang juga menunjukkan minat yang tinggi terhadap pengembangan pusat-pusat data (data centres).

Hal ini merupakan segmen pasar yang relatif baru di Indonesia dan sejumlah operator mengincar area kawasan industri maupun lokasi-lokasi yang lebih strategis di tengah kota.

Sementara untuk sektor perkantoran, JLL mencatat banyak penyewa kantor yang lebih berfokus pada kesinambungan bisnis mereka ketimbang berekspansi atau beberapa penyewa juga menunda perjanjian sewa.

Akan tetapi, negosiasi perpanjangan sewa tetap berlanjut, seperti beberapa kesepakatan yang sudah berlangsung sebelum pandemi. 

Baca juga: Jawa Tengah Trending, Bakal Primadona Baru Kawasan Industri?

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X