Kompas.com - 28/05/2020, 22:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jepang yang dioperasikan oleh raksasa ritel Aeon Co Ltd. mulai dibuka kembali pada hari ini, Kamis (28/5/2020).

Pembukaan mal tersebut sejalan dengan pencabutan pembatasan yang dilakukan pemerintah pada awal minggu ini.

Namun, pembukaan toko dan berbagai gerai di dalam mal tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi virus Corona.

Seperti yang telah diterapkan oleh Aeon Mall di Chiba, bagian timur Tokyo.

Mal ini melakukan  pemeriksaan suhu di depan pintu masuk, mengawasi penggunaan masker, dan para karyawan mal juga diwajibkan mengenakan masker meski berdiri di belakang penghalang plastik transparan.

Baca juga: Mal Dibuka Kembali, Bangkitkan Ekonomi atau Menaikkan Kurva Pandemi?

Tak hanya itu, pengelola juga membatasi Jumlah pengunjung dan memantaunya setiap waktu untuk mencegah kepadatan.

"Kami telah menantikan pembukaan kembali untuk sementara waktu dan saya senang," ujar General Manager di Aeon Mall Makuhari Shintoshin Junichi Kobayashi, dikutip Kompas.com dari Reuters, Kamis (28/5/2020).

"Di sisi lain, kami merasakan tanggung jawab besar untuk menyediakan (lingkungan) yang aman dan terjamin bagi pelanggan kami," lanjutnya.

Pengecer besar lainnya seperti jaringan pakaian kasual Uniqlo, yang dimiliki oleh Fast Retailing, telah secara bertahap membuka kembali toko mereka.

Demikian halnya dengan department store Isetan Mitsukoshi Holdings yang akan beroperasi kembali pada Sabtu (30/5/2020), setelah tutup pada awal April lalu.

Covid-19 telah menyebar di berbagai belahan dunia. Sebelumnya virus ini berasal dari wilayah Wuhan, China.

Kini, Jumlah kematian global dari pandemi ini telah mencapai lebih dari 300.000 jiwa. Di Jepang jumlah kematian sekitar 800 dari 16.000 kasus Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.