40 Rumah Khusus Senilai Rp 7,46 Miliar Dibangun untuk Papua Barat

Kompas.com - 28/05/2020, 21:02 WIB
40 unit rusus di Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat. Dok. TIM KOMUNIKASI PUBLIK SNVT PENYEDIAAN PERUMAHAN PROVINSI PAPUA BARAT/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR40 unit rusus di Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat melaksanakan serah terima 40 unit rumah khusus (rusus) kepada Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan rusus untuk masyarakat di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat yang merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat Phiter Pakabu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Total anggaran pembangunan rusus di Manokwari Selatan ini sebesar Rp 7,64 miliar.

Pembangunan rusus di Papua Barat merupakan bagian dari Visi Presiden Joko Wododo yang berfokus untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta mempercepat pembangunan infrastruktur.

Baca juga: 25 Rusus Diserahkan kepada Warga Bantaran Sungai Ogan Komering Ulu

Sebab, infrastruktur merupakan kebutuhan dasar rakyat dan penunjang utama dalam keberhasilan pembangunan SDM unggul bagi seluruh masyarakat.

Berdasarkan data, pembangunan 40 unit rusus dilaksanakan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR pada tahun 2019 lalu.

Rusus yang dibangun merupakan tipe 36 meter persegi dengan nilai per unit rumah sekitar Rp 191 juta dengan masa konstruksi 180 hari.

Gubernur Papua Barat Dominggis Mandacan mengatakan, pembangunan rusus di Distrik Ransiki diharapkan dapat menurunkan backlog perumahan di Provinsi Papua Barat.

"Saya berpesan, warga yang menempati rusus ini dapat memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam sehingga dapat tinggal dengan nyaman di rusus tersebut," kata Dominggus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X