Begini Persiapan Sebelum Mengecat Dinding Bata

Kompas.com - 24/05/2020, 12:50 WIB
Dinding bata SHUTTERSTOCKDinding bata

KOMPAS.com - Pemilik rumah sering menggunakan bata guna mendapatkan tampilan yang unik dan berbeda, baik eksterior maupun interior.

Batu bata biasa digunakan sebagai aksen yang berguna mempercantik rumah. Tetapi, tak jarang banyak pemilik rumah yang ingin mengubah tampilan. Salah satu caranya adalah dengan mengecat dinding bata.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengecat dinding bata, ada baiknya pertimbangkan baik-baik keputusan tersebut.

Ini karena, tampilan alami bata bisa menjadi salah satu elemen dekorasi tanpa harus dicat dengan warna khusus.

Setelah memutuskan untuk mengecatnya, tidak ada jalan untuk mundur kembali. Mengecat dinding bata juga tak hanya sekadar mengoleskan cat ke permukaan.

Salah penanganan, malah bisa membuat lapisan cat terkelupas. Untuk itu, langkah pertama sebelum mengecatkanya adalah memastikan dinding bata benar-benar kering.

Anda juga perlu memastikan bata dalam kondisi yang bbaik dan bebas dari masalah stuktural, seperti sambungan atau mortar yang rusak.

Baca juga: Ingin Rumah Anda Tampil Chic? Pasang Bata Merah Ekspos

Jangan gunakan asam pembersih ketika membersihkan bata. Gunakan air dan sabun saja. Kemudian segel semua retakan dan perbarui sambungan mortar jika diperlukan.

Selain itu, laman House Beautiful menyebutkan, jangan mengecat dinding bata baru. Tunggu hingga satu bulan sebelum dinding tersebut benar-benar siap untuk dicat.

Selain itu, gunakan alat yang tepat. Agar hasil cat merata ke seluruh bagian dinding, Anda bisa menggunakan semprotan cat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X