Ingin Rumah Anda Tampil "Chic"? Pasang Bata Merah Ekspos

Kompas.com - 09/06/2019, 14:05 WIB
Tampilan besi dan bata ekspos juga menarik. Seketika, nuansa industrial bisa Anda dapatkan dengan perpaduan kedua material ini. Perpaduan keduanya seolah menyerukan bahwa bangunan tersebut sudah digunakan sejak lama dan tetap kuat meski sudah teruji dengan waktu. www.houzz.comTampilan besi dan bata ekspos juga menarik. Seketika, nuansa industrial bisa Anda dapatkan dengan perpaduan kedua material ini. Perpaduan keduanya seolah menyerukan bahwa bangunan tersebut sudah digunakan sejak lama dan tetap kuat meski sudah teruji dengan waktu.

KOMPAS.com - Bata merah maupun bata beton kini ramai digunakan untuk mendandani interior suatu bangunan.

Warna dan tekstur bata merah dianggap dapat membuat ruangan menjadi bergaya klasik atau gaya pedesaan.

Dinding bata merah yang sengaja diekspos, kini banyak dilakukan untuk mengejar tampilan yang estetis. Jika Anda ingin menerapkannya pada ruangan, ada beberapa cara yang bisa dicoba:

Aksen bata memberikan tekstur ke ruang di mana elemen-elemen seperti hiasan dinding dan pernak-pernik tidak digunakan.Jarzabek/Shutterstock Aksen bata memberikan tekstur ke ruang di mana elemen-elemen seperti hiasan dinding dan pernak-pernik tidak digunakan.
Jadikan tekstur utama

Aksen bata memberikan tekstur ke ruang di mana elemen-elemen seperti hiasan dinding dan pernak-pernik tidak digunakan.

Selain itu, Anda dapat menerapkan gaya rustic chic pada ruangan. Rustic chic adalah gaya lain yang memanfaatkan bata di rumah.

Anda dapat mendesain ruangan dengan warna-warna cerah dan terang yang umum ditemukan di ruang modern.

Menggabungkan tekstur

Tak ada salahnya menggabungkan satu atau dua tekstur dalam ruangan yang sama. Anda dapat menggabungkan tekstur bata dengan marmer pada dapur atau menambahkan sedikit tekstur kayu.

Anda dapat menggabungkan tekstur bata dengan marmer pada dapur fotiyka/Shutterstock Anda dapat menggabungkan tekstur bata dengan marmer pada dapur
Mewarnai dinding

Jika Anda kesulitan menempatkan atau menata bata sesuai pada tempatnya, ada cara yang lebih mudah yakni dengan mewarnainya.

Sebelum memulai pengecatan. Pastikan dinding bata benar-benar kering, karena air dapat masuk melalui celah dan mortar di antara sela-sela bata.

Jika dinding bata Anda baru, maka penting untuk menunggu dinding tersebut kering. Jadi tunggu hingga makasimal 24 jam, baru Anda bisa memulai untuk mengecatnya.

Selain itu, Anda harus memastikan batunya dalam kondisi baik dan bebas dari masalah struktural, seperti mortar yang rusak.

Sementara agar hasil cat merata ke seluruh bagian dinding, Anda bisa menggunakan semprotan cat. Peralatan biasa seperti kuas atau roller bisa digunakan jika area yang akan dicat tidak luas.

Sebelum memulai pengecatan. Pastikan dinding bata benar-benar kering, karena air dapat masuk melalui celah dan mortar di antara sela-sela bata. Sebelum memulai pengecatan. Pastikan dinding bata benar-benar kering, karena air dapat masuk melalui celah dan mortar di antara sela-sela bata.
Pilihan warna

Jika Anda memutuskan untuk mengecat dinding bata, ada dua pilihan warna yang dapat digunakan.

Pertama adalah warna putih. Warna ini merupakan pilihan populer bagi mereka yang memanfaatkan tekstur bata namun ingin suasana ruangan terlihat bersih.

Salah satu keuntungan dari warna ini, selain kemampuannya untuk mencerahkan ruang, adalah mampu membantu untuk merasa rileks.

Selain itu, Anda bisa menerapkan warna abu-abu. Selain putih, warna abu-abu juga bisa jadi pilihan. Warna ini merupakan alternatif jika Anda bosan dengan warna putih. Abu-abu mampu membuat tekstur bata apda dinding terlihat minimalis.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X