Enam Panduan Pembukaan Kembali Ruang Kerja di Perkantoran

Kompas.com - 11/05/2020, 11:23 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan properti Cushman & Wakefield merilis panduan komprehensif bertema “Kesiapan Pemulihan: Panduan Pembukaan Kembali Lingkungan Kerja”.

Cushman & Wakefield membidik para pemilik maupun penyewa properti dalam rangka pembukaan kembali lingkungan kerja dan perkantoran dalam beberapa bulan ke depan.

Panduan ini dirilis untuk melengkapi Recovery Readiness Task Force (RRTF atau Satuan Tugas Kesiapan Pemulihan) dan produk social distancing (pembatasan sosial) terbaru bernama Six Feet Office.

Para ahli dan peneliti lingkungan kerja di Cushman & Wakefield dan Vanke Service  mengembangkan panduan ini dengan solusi yang tanggap dan mudah disesuaikan dengan implementasi hemat biaya.

Dalam menciptakan panduan ini, Cushman & Wakefield menyaring pemahaman dan praktik terbaik dari proses pembukaan kembali 10.000 perusahaan di China.

Di negara Tirai Bambu ini, hampir satu juta orang bakal bekerja kembali di gedung-gedung perkantoran dengan total luas 74 juta meter persegi.

'The Safe Six' atau enam langkah keamanan esensial kesiapan lingkungan kerja menjadi garis besar yang bisa diimplementasikan pemilik perkantoran, terdiri dari:

1. Persiapan bangunan, berupa rencana pembersihan, inspeksi sebelum pembukaan kembali, dan pengecekan jaringan mekanik dan HVAC,

2. Persiapan tenaga kerja, berupa kebijakan yang mengatur pegawai kembali bekerja, menggilir atau menjadwalkan komunikasi antar pegawai dan manajemen,

3. Pengendalian akses, berupa penerapan protokol untuk keamanan dan pengecekan kesehatan, akses masuk bangunan, pengiriman atau penerimaan barang, penggunaan elevator dan kebijakan terhadap pengunjung,

Baca juga: Perkuat PropTech, Cushman & Wakefield Resmi Menggandeng Fifth Wall

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X