Tahun Ini, Target Tanah Terdaftar 10 Juta Bidang

Kompas.com - 25/02/2020, 17:27 WIB
Ilustrasi Sertifikat Tanah KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi Sertifikat Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan penyelesaian Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) sebanyak 10 juta bidang tanah tahun 2020 ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arif Sugoto optimistis dapat menyelesaikan target tersebut.

Sebab, pada tahun 2019, Kementerian ATR/BPN mampu merampungkan pendaftaran tanah sebanyak 11,2 juta bidang dari target 9 juta bidang. 

Baca juga: Tahun 2020, Kementerian ATR Janjikan 10 Kota Lengkap PTSL

"Tahun ini kami juga cukup optimistis, karena tahun lalu bisa mencapai target. Namun tahun ini kami ingin mulai lebih bagus," ucap Himawan di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dia menambahkan, Pemerintah menargetkan semua bidang tanah di seluruh Indonesia terdaftar paling lambat tahun 2025.

Selain menyelesaikan target PTSL, Himawan mengungkapkan lembaga ini juga tengah mengerjakan sertifikasi data pertanahan baik data spasial maupun data yuridis. Dengan demikian, data-data yang tersedia dapat diperoleh secara digital.

Himawan mengungkapkan, saat ini juga tengah menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah lain seperti potensi tumpang tindih dan persoalan pertanahan.

"Karena target kami ke depan bukan hanya PTSL, ada reforma, ada badan tanah, ada penanganan sengketa, ada percepatan tata ruang, pasti tidak cukup resources kami," ucap Himawan.

Untuk itu, Kementerian ATR/BPN akan melaksanakan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang masih dalam proses pembahasan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X