IndoBuildTech Kembali Digelar, Usung Transformasi Digital Perkotaan

Kompas.com - 17/02/2020, 15:37 WIB
Ilustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020 Dok. Otomotif GroupIlustrasi mobil melintas genangan saat banjir Jakarta awal tahun 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah perkotaan di kota-kota besar dipengaruhi aktivitas ekspansi komunitas yang cepat, seperti migrasi manusia dari daerah pedesaan ke perkotaan dan imigrasi antar-negara.

Urbanisasi yang cepat ini berangkat dari infrastruktur dan sumber daya yang terbatas yang telah dikonsumsi sangat banyak oleh kota-kota besar.

Jakarta sebagai wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara, tak dapat menghindari dari permasalahan ini. Ada dua masalah utama yang dihadapi Jakarta yakni kemacetan lalu lintas dan banjir.

Baca juga: Reformasi Angkutan Umum Perkotaan

Implikasinya adalah munculnya masalah-masalah baru, seperti emisi karbon dioksida, kekurangan energi dan air, sanitasi dan pembuangan limbah yang buruk, kemacetan, infrastruktur tak memadai, perawatan kesehatan yang tidak mumpuni, penyediaan pendidikan, dan banyak lagi.

Bagaimana mengatasinya?

Banyak ahli mengatakan, bahwa teknologi dapat membantu kota menggunakan sumber daya melalui cara-cara yang lebih efektif, menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih sehat, dan memberikan layanan lebih efisien.

Salah satu solusi yang diyakni dapat membantu kota adalah solusi digital yang dapat menghasilkan pengurangan 15 persen hingga 30 persen dalam emisi CO2, konsumsi energi dan air, kemacetan lalu lintas, dan kejahatan.

Namun, hal tersebut hanya dapat dicapai jika digitalisasi perkotaan dirancang di sekitar infrastruktur terintegrasi, menjadikannya lebih siap untuk memberikan layanan bernilai tambah terintegrasi seperti e-health, e-government, dan e-transportation.

"Pemerintah juga dapat menggunakan infrastruktur data dan alat analisis untuk meningkatkan perencanaan infrastruktur kota," tulis Debindo.

Ditinjau dari manfaatnya, teknologi digital adalah salah satu solusi paling menjanjikan untuk membantu memenuhi tantangan masalah perkotaan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X