7 Fakta "Underpass" NYIA, Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 01/01/2020, 12:00 WIB
Underpass NYIA Kementerian PUPRUnderpass NYIA

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan konstruksi jalan bawah tanah ( underpass) New Yogyakarta International Airport ( NYIA).

Kompas.com menghimpun fakta dari jalan yang disebut sebagai underpass terpanjang di Indonesia itu, apa saja?

1. Informasi teknis

Underpass NYIA dibangun dengan panjang 1,3 kilometer.

Struktur ini terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Sementara lebarnya mencapai 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter, dan samping 18,4 meter.

2. Menghubungkan Purworejo dan Yogyakarta

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, underpass tersebut menghubungkan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Underpass Terpanjang di Indonesia Siap Diresmikan

Jalan bawah tanah itu dibangun untuk mempertahankan eksistensi Ruas Jalan Nasional Pantai Selatan Jawa (Pansela). Ini karena, Bandara Kulon Progo memotong jalan Pansela lama.

Untuk itulah keberadaan jalan tersebut diharapkan dapat meningkatkan memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini.

3. Dihiasi ornamen tradisional

Pada setiap sisi di dinding terowongan, hiasan schenography tarian rakyat khas Yogyakarta. Konsep yang diusung pun bertema Gerak Gumerah yang menyambut setiap pengemudi yang melintas.

Sentuhan ornamen daerah itu disebut menggambarkan karakter masyarakat Yogyakarta yang dinamis, optimis, serta berkembang penuh semangat.

Adapun ornamen yang terpampang antara lain Tari Jathilan dan Tari Angguk Putri.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X