Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Desember, Naik MRT Jakarta Bisa Pakai QR Code

Kompas.com - 19/11/2019, 18:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, PT MRT Jakarta akan menerapkan sistem pembayaran digital melalui pemindaian (scan) QR Code pada gawai. 

Sistem pembayaran ini secara resmi akan diluncurkan pada 1 Desember 2019. Saat ini, perusahaan sedang menguji dan mematangkan aplikasi perangkat lunak pendukung yang ditargetkan rampung akhir November ini.

Demikian Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengungkapkan rencana perusahaan saat Fellowship Program MRT 2019, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

"Apps MRTJ nanti berbasis Android dan IoS, bisa diunduh pada masing-masing gawai penumpang melalui appstore," kata Tuhiyat.

Baca juga: 25 November, MRT Jakarta Terbitkan Kartu Multi Trip

Menurut dia, QR Code mampu mempercepat dan mempermudah proses transaksi sekaligus  menunjang sistem pembayaran cardless.

Hanya saja, pemindaian yang dilakukan harus benar-benar presisi dan tepat supaya proses transaksi berjalan lancar.

QR Code sendiri merupakan kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”. 

Selain melalui QR Code, PT MRT Jakarta juga menawarkan tiga pilihan sistem transaksi yang bisa dipilih penumpang sesuai kebutuhan dan preferensinya.

Ketiga sistem pembayaran itu adalah Jelajah Multi Trip Ticket (MTT) yang dirilis 25 November, Jelajah Single Trip Ticket (STT), dan Uang Elektronik (Unik) dari Perbankan.

Baca juga: Jadi World Class Operator Setara Jepang, Ini Strategi MRT Jakarta

Untuk Jelajah MTT, imbuh Tuhiyat, fungsinya serupa uang elektronik. Pelanggan bisa menyimpan uang di MTT. 

Oleh karena fungsinya sama dengan uang elektronik, PT MRT Jakarta memerlukan izin dari Bank Indonesia (BI) yang sudah diterbitkan pada 14 November 2019, dengan Nomor 21/447/DKSP/Srt/B.

Izin ini belaku selama 5 (lima) tahun sampai dengan 14 November 2024 dan dapat diperpanjang kembali.

Jelajah MTT yang diproduksi sebanyak 950.000 unit ini merupakan pembayaran non-tunai atau uang elektronik berbasis chip (chip based) yang dirancang memiliki validitas lebih lama sehingga dapat digunakan berulang kali.

Dengan MTT, kecepatan tap in dan tap out pada passenger gate hanya 0,2 detik. Jauh lebih cepat dibanding uang elektronik yang dikeluarkan perbankan yang sampai saat ini masih dalam level kecepatan 1,2-2 detik.

Penerbitan Jelajah MTT ini didukung oleh upaya penyempurnaan aspek teknis lainnya seperti fungsi card reader, ticket vending machine, dan layanan top up.

Baca juga: Peradaban Baru Itu Nyata, CEO hingga Anak Sekolah Naik MRT Jakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com