1 Desember, Naik MRT Jakarta Bisa Pakai QR Code

Kompas.com - 19/11/2019, 18:21 WIB
Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta Tuhiyat Hilda B Alexander/Kompas.comDirektur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta Tuhiyat

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan, PT MRT Jakarta akan menerapkan sistem pembayaran digital melalui pemindaian (scan) QR Code pada gawai. 

Sistem pembayaran ini secara resmi akan diluncurkan pada 1 Desember 2019. Saat ini, perusahaan sedang menguji dan mematangkan aplikasi perangkat lunak pendukung yang ditargetkan rampung akhir November ini.

Demikian Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengungkapkan rencana perusahaan saat Fellowship Program MRT 2019, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

"Apps MRTJ nanti berbasis Android dan IoS, bisa diunduh pada masing-masing gawai penumpang melalui appstore," kata Tuhiyat.

Baca juga: 25 November, MRT Jakarta Terbitkan Kartu Multi Trip

Menurut dia, QR Code mampu mempercepat dan mempermudah proses transaksi sekaligus  menunjang sistem pembayaran cardless.

Hanya saja, pemindaian yang dilakukan harus benar-benar presisi dan tepat supaya proses transaksi berjalan lancar.

QR Code sendiri merupakan kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”. 

Selain melalui QR Code, PT MRT Jakarta juga menawarkan tiga pilihan sistem transaksi yang bisa dipilih penumpang sesuai kebutuhan dan preferensinya.

Ketiga sistem pembayaran itu adalah Jelajah Multi Trip Ticket (MTT) yang dirilis 25 November, Jelajah Single Trip Ticket (STT), dan Uang Elektronik (Unik) dari Perbankan.

Baca juga: Jadi World Class Operator Setara Jepang, Ini Strategi MRT Jakarta

Untuk Jelajah MTT, imbuh Tuhiyat, fungsinya serupa uang elektronik. Pelanggan bisa menyimpan uang di MTT. 

Oleh karena fungsinya sama dengan uang elektronik, PT MRT Jakarta memerlukan izin dari Bank Indonesia (BI) yang sudah diterbitkan pada 14 November 2019, dengan Nomor 21/447/DKSP/Srt/B.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X