Kabinet Indonesia Maju Terbentuk, Reaksi Pebisnis Properti Positif

Kompas.com - 24/10/2019, 15:33 WIB
Suasana sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Sidang kabinet paripurna itu merupakan sidang perdana yang diikuti menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYSuasana sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Sidang kabinet paripurna itu merupakan sidang perdana yang diikuti menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabinet Indonesia Maju baru saja terbentuk dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/10/2019).

Beragam reaksi muncul ke permukaan, terutama dari sektor bisnis, dengan para pelaku usaha menyampaikan pendapatnya.

Ada yang optimistis, banyak pula yang memberikan catatan khusus. Terutama terhadap pos-pos kementerian yang terkait dengan bisnis mereka.

Properti termasuk sektor yang sangat diharapkan dapat bangkit pasca pengumuman Kabinet Indonesia Maju. Menyusul perlambatan yang sudah berlangsung selama kurun lima tahun terakhir.

"Saya sangat optimistis, kabinet baru ini berdampak positif terhadap sektor properti. Banyak kalangan pengusaha seperti Erick Thohir, Nadiem Makarim, yang mendapat respon bagus, karena mereka juga sebelumnya kan pelaku pasar," kata CEO Gapura Prima Group Rudy Margono menjawab Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Tahun Depan, Bisnis Properti Masih Tertekan

Menurut Rudy kehadiran para profesional dari kalangan bisnis tersebut akan sangat menolong karena keahlian mereka dalam membaca arah pasar.

Jadi, kebijakan yang akan diproduksi pun bakal lebih ramah pasar, terutama pos kementerian yang terkait pasar.

"Khusus properti, seharusnya kehadiran mereka ini dapat membantu rebound ya. Ada kementerian terkait erat seperti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), BUMN, kementerian dalam negeri tentang perizinan di daerah, perpajakan, dan lain-lain," papar Rudy.

Optimisme senada dikemukakan Direktur Ciputra Group Artadinata Djangkar. Menurutnya, setelah pesta demokrasi berakhir dengan baik, dan tanpa kegaduhan berarti, para pemegang keputusan pun sudah terpilih.

"Hal ini menurut saya sudah cukup baik, dampaknya positif, terutama untuk pasar properti dengan segmen end buyer. Hanya memang, segmen investasi yang sudah lama mati, diharapkan akan mulai meningkat," kata Arta.

Baca juga: Properti di Bawah Rp 1 Miliar Masih Kencang

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X