Mengintip Rupa LRT, 'Si Pemecah Kemacetan' Ibu Kota

Kompas.com - 14/10/2019, 08:37 WIB
Trainset LRT Jabodebek PT Adhi Karya (Persero) TbkTrainset LRT Jabodebek

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menempuh perjalanan sepanjang 643 kilometer melalui jalan bebas hambatan Trans Jawa, train set Light Rail Transit ( LRT) Jabodebek akhirnya tiba.

Proses pengiriman si calon pemecah kemacetan ibu kota ini dilakukan dengan menggunakan enam buah multi-axle dan memakan waktu selama empat hari sejak dilakukan perjalanan dari pabrik PT Inka (Persero) di Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (8/10/2019) lalu.

Tampilan lima train set yang tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, tersebut cukup garan

Bagian fasad yang didominasi warna hitam pada bagian atas dan merah pada bagian bawahnya, hanya dipisahkan oleh list putih yang membentang mulai dari bagian ujung depan hingga ujung belakang.

Baca juga: LRT Jabodebek Belum Siap Beroperasi

Tampilan ini jauh berbeda dari kembarannya, LRT Palembang yang didominasi fasad putih dengan list biru dan kuning pada bagian bawahnya.

Kendati mengusung teknologi driverless, yang artinya masinis tidak menjalankan kereta di lokomotif, namun di bagian depan dan belakang tetap disediakan ruangan bagi masinis untuk memantau operasionalisasi kereta.

Selain itu, terdapat dua buah wiper yang akan membantu membersihkan debu serta air, manakala kereta beroperasi saat hujan.

Trainset LRT JabodebekPT Adhi Karya (Persero) Tbk Trainset LRT Jabodebek
Masing-masing train set terdiri atas enam kereta atau gerbong, yang dapat mengangkut sekitar 1.500 penumpang sekali jalan.

Dengan demikian dapat dibayangkan bila penduduk DKI Jakarta beralih ke moda transportasi ini, seperti apa nantinya kemacetan dapat berkurang cukup signifikan.

Apalagi, mereka tak perlu menunggu cukup lama waktu kedatangan kereta. Pasalnya, kabarnya headway untuk setiap trainset akan disetting tiga menit sekali per kedatangan di stasiun.

Untuk menunjang kenyamanan, pada bagian interior terdapat kursi sofa pada bagian sisi kanan dan kiri.

Baca juga: Adhi Karya: Pembebasan Lahan Depo LRT Bekasi Rampung September

Variasi warna biru dan putih dipilih untuk memberikan efek yang lebih terang di dalam gerbong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X