Pod, Tren Baru Ruang Kerja Semi-privat Bikin Produktivitas Meningkat

Kompas.com - 04/10/2019, 16:53 WIB
Office Pod https://www.mode4online.co.ukOffice Pod

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi dan disrupsi ekonomi telah mengubah perilaku masyarakat, termasuk dalam bekerja di gedung-gedung perkantoran modern.

Mengutip laporan Jones Lang LaSalle, para profesional dan karyawan selalu mencari tempat yang tenang untuk memenuhi kebutuhan rehat sembari mengerjakan tugasnya di antara waktu kerja.

Dan Pod, adalah tempat pelarian yang kian menemukan fungsi dan perannya di antara para profesional dan karyawan.

Pada prinsipnya, Pod adalah kabin kecil atau bilik semi-pribadi. Di sini karyawan dapat mengadakan pertemuan dalam kelompok-kelompok kecil, jauh dari keriuhan kantor selama satu jam atau lebih.

Baca juga: 4 Tahun Lagi, Perkantoran di CBD Jakarta Tembus 770 Hektar

Senior Pitch Designer Tétris Raymond Chu mengatakan, hal utama yang membuat Pod makin populer adalah privasi audio.

“Struktur (desain) kantor yang serba terbuka, telah mendorong kolaborasi di antara sesama karyawan. Namun, seringkali hal ini dapat menyebabkan meningkatnya level kebisingan, sehingga sulit untuk mereka berkonsentrasi," tutur Raymond.

Mengakomodasi kebutuhan Pod, kini telah banyak perkantoran yang mengubah penataan interiornya menjadi bilik-bilik semi-pribadi.

Kenyamanan dalam pod

Selain lebih privat, daya tarik lain dari Pod adalah simpel. Perusahaan dapat memesan struktur atau modul yang sudah jadi lengkap dengan perabotan, sistem kelistrikan, lampu, dan bisa dipasang di mana pun.

Office Podhttps://robinpowered.com Office Pod
Pod menjadi fasilitas utama di lingkungan perusahaan karena kemudahan instalasi, dan fleksibilitasnya.

Hal ini memungkinkan perusahaan dapat membuat ruang pribadi tanpa biaya merancang, membangun, dan menyatukan ruangan yang sama sekali baru.

Selain itu, Pod juga dapat berfungsi sebagai pembagi ruang saat lebih banyak perusahaan bereksperimen dengan memperkenalkan ruang kerja lebih fleksibel dalam pengaturan kantor eksisting.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X