Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Erupsi Gunung Merapi Ancam Tol Solo-Yogyakarta

Kompas.com - 17/09/2019, 15:10 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai, proyek Tol Solo-Yogyakarta yang segera dieksekusi pemerintah dalam waktu dekat rentan bencana.

Hal ini karena trase yang telah disepakati antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah berdekatan dengan lokasi Gunung Merapi

"Informasi terakhir tol yang akan dibangun itu mendekati Gunung Merapi. Padahal kita tahu Merapi itu gunung api aktif," kata Direktur Eksekutif Walhi Yogyakarta Halik Sandera menjawab Kompas.com, Selasa (17/9/2019).

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur di Pulau Jawa Tingkatkan Risiko Bencana

Menurut dia, ancaman erupsi Gunung Merapi akan selalu menghantui saat proses pembangunan dan ketika kelak jalan berbayar itu beroperasi. 

"Artinya kemudian ini memberikan beban di sekitar Merapi. Kerentanan masyarakat yang ke depan akan menggunakan jalan tol tersebut karena ada ancaman erupsi Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta," ucap Walhi.

Tol Solo-Yogyakarta akan terbentang sepanjang 91,93 kilometer hingga Bandara Internasional New Yogyakarta (NYIA) di Kulonprogo.

Baca juga: Kata Walhi, Setiap Daerah Tak Perlu Egois Punya Bandara Sendiri

Jalan tol yang pembangunannya diinisiasi konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Gama Group dan PT Daya Mulia Turangga ini, diperkirakan menelan investasi Rp 22,54 triliun. 

Rencana lelang jalan tol ini dilaksanakan dalam waktu dekat, setelah Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyetujui trase yang diajukan pemerintah pusat.

Adapun trase yang direncanakan melewati Solo-Prambanan. Kemudian menuju Selokan Mataram ke arah barat hingga NYIA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com