Setelah Renovasi, Masjid Istiqlal Bakal Lebih Kinclong

Kompas.com - 23/08/2019, 09:23 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Kamis (22/8/2019). Kementerian PUPRWakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Kamis (22/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi Masjid Istiqlal dinilai sudah cukup baik. Para jamaah pun dipastikan dapat menikmati masjid ini lebih nyaman, ketika rampung pada Maret 2020 kelak.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengungkapkan hal itu ketika meninjau lokasi, Kamis (22/8/2019).

Area yang ditinjau yakni lokasi kantor pengelola dimana terdapat maket rencana sebelum dan sesudah renovasi, kemudian menuju bangunan dalam masjid, dan berakhir di selasar tengah.

Baca juga: Lebaran 2020, Masyarakat Bisa Nikmati Wajah Baru Masjid Istiqlal 

Di lokasi terakhir, Wapres JK mendapatkan penjelasan mengenai pembersihan seluruh lantai sehingga nantinya lebih berkilap.

Dari perhitungan alat glossy meter, setelah dilakukan pembersihan, maka tingkat kilap lantai Masjid Istiqlal menunjukan angka 132 dibanding sebelumnya yakni 32.

"Renovasi tidak bermaksud mengubah bangunan yang dibangun sejak zaman Bung Karno. Hanya mengkinclongkan, artinya mempercantik, memperindah, lebih nyaman," kata Wapres dalam keterangan tertulis.

Renovasi Masjid IstiqlalKementerian PUPR Renovasi Masjid Istiqlal
Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan renovasi pada bagian dalam masjid dan juga lansekapnya termasuk pembangunan tempat parkir baru. 

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara yang mulai dibangun tahun 1961 pada masa Presiden Soekarno dan selesai mulai difungsikan tahun 1978 pada saat Pemerintahan Presiden Soeharto.

Baca juga: INFOGRAFIK: Renovasi Masjid Istiqlal Setelah 41 Tahun Berdiri

Renovasi yang bersifat menyeluruh dari Masjid Istiqlal baru kali ini dilakukan setelah 41 tahun sejak pertama kali digunakan tahun 1978.

Wapres menambahkan, renovasi ini juga akan meningkatkan fasilitas yang ramah terhadap difabel. 

"Tadi disampaikan, bahwa termasuk dalam renovasi nanti akan ada ditambah lift khusus dan fasilitas lainnya untuk disabilitas," pungkas Wapres.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X