Kompas.com - 17/05/2019, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Masjid Istiqlal yang berada di wilayah Pasar Baru, Jakarta Pusat, akan direnovasi setelah 41 tahun berdiri.

Kontrak konstruksi untuk renovasi senilai Rp 465.300.998.000 sudah ditandatangani di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kemarin, Kamis (16/5/2019).

Renovasi ini tentu menjadi sebuah peristiwa penting. Sebab, selama ini Masjid Istiqlal dianggap sebagai bangunan monumental yang didesain oleh arsitek kenamaan Tanah Air, Friedrich Silaban.

Masjid Istiqlal yang merupakan salah satu struktur Muslim terbesar di Asia Tenggara juga kaya akan nilai sejarah. Ini dikarenakan pembangunan masjid dicetuskan oleh Presiden pertama RI Soekarno.

Proses pembangunannya dimulai pada 1961 selama 17 tahun dan selesai pada 1978 di era kepemimpinan Presiden Kedua RI, Soeharto.

Apa saja hal menarik tentang Masjid Istiqlal? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Setelah 41 Tahun, Masjid Istiqlal Direnovasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.