Lebaran 2020, Masyarakat Bisa Nikmati Wajah Baru Masjid Istiqlal

Kompas.com - 21/07/2019, 11:00 WIB
Renovasi Masjid IstiqlalKementerian PUPR Renovasi Masjid Istiqlal

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan renovasi Masjid Istiqlal rampung pada Maret 2020.

Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan masjid terbesar se-Indonesia pada bulan Ramadhan tahun depan.

Sejak diperintahkan Bapak Presiden Jokowi, Kementerian PUPR mulai merenovasi besar-besaran pada Mei 2019.

Baca juga: INFOGRAFIK: Renovasi Masjid Istiqlal Setelah 41 Tahun Berdiri

"Tidak hanya bagian dalam masjid tapi juga lansekapnya kita ubah agar lebih baik sehingga Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia namun juga kebanggaan bangsa Indonesia," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (21/7/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimulojono melihat maket proyek renovasi Masjid Istiqlal.Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimulojono melihat maket proyek renovasi Masjid Istiqlal.

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri India Narendra Modi ke tempat tersebut 30 Mei 2018 lalu.

Renovasi yang dilakukan meliputi beberapa hal. Pertama, peningkatan kapasitas parkir dengan pembangunan gedung parkir setinggi dua lantai, sehingga kelak dapat menampung 2.000 kendaraan roda dua.

Berikutnya, pembersihan seluruh lantai yang kusam untuk membuatnya menjadi lebih mengkilap. Dari penghitungan pada alan glossy meter, setelah dilakukan pembersihan tingkat kilap lantai masjid ini bertambah dari sebelumnya 32 menjadi 132.

Baca juga: Desain Masjid Indonesia Terkini Lebih Out of The Box

"Harus ada perubahan dari renovasi yang dilakukan dengan biaya yang besar ini," imbuh Basuki.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X