Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Tuah Trump di Lido dan Bali

Kompas.com - 14/08/2019, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - The Trump Organization baru saja melakukan pra-peluncuran dua proyek mewah Trump Residences Lido dan Trump Residences Bali, di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Tak tanggung-tanggung, investasi kedua proyek ini senilai total 1,7 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 24.2 triliun.

Imperium bisnis yang dirintis Presiden Amerika Serikat Donald Trump tersebut bermitra dengan baron media Nasional, MNC Land, yang dikomandani Hary Tanoesoedibjo.

Mengutip laman resmi The Trump Organization, Trump Residences Lido dan Trump Residences Bali ditujukan bagi kalangan atas. Karenanya, properti ini diklasifikasikan sebagai luxury atau mewah.

Dalam konteks bisnis properti di Indonesia, keduanya merupakan portofolio perdana The Trump Organization.

Baca juga: Fred Trump, Otak di Balik Nama Besar Trump

Tentu saja, kehadiran mereka menambah panjang daftar merek-merek bertaraf global yang masuk pasar Indonesia.

Sebelumnya, terdapat Raffles Residences yang digandeng Ciputra Group, The St Regis Residences dan Four Seasons Residences yang berpartner dengan Rajawali Corporation, The Regent Residences yang diperkenalkan KG Global Development, sekadar menyebut nama.

Kompetisi pun bakal makin sengit di antara sesama brand mewah tersebut, karena ceruk pasar kelas ini demikian nieche untuk ukuran Indonesia.

Mengacu pada Wealth Report 2018 yang dirilis Knight Frank, jumlah orang Indonesia yang masuk masuk kategori ultra high net worth individual (UHNWI) sebanyak 20.240 orang dari total 260 juta populasi.

Kekayaan mereka senilai 5 juta dollar AS atau setara Rp 71 miliar hingga lebih dari 500 juta dollar AS (Rp 7,1 triliun) hanya 20.240 orang.

Merekalah yang dinilai mampu membeli properti dengan banderol mulai dari Rp 60 juta per meter persegi sampai Rp 150 juta per meter persegi.

Perilaku mereka dalam membelanjakan uangnya untuk properti sangat selektif. Termasuk soal pengelolaan gedung yang ditangani merek dengan jaringan global.

Interior tipikal Trump Residences BaliDokumentasi The Trump Organization Interior tipikal Trump Residences Bali
Meski demikian, jika merek internasional tersebut memiliki reputasi bagus, para UHNWI ini tak segan mengucurkan dananya untuk membeli properti yang diinginkan.

Bahkan, dalam laporan Kompas.com  Juli lalu mengenai Properti-properti Mewah Incaran Orang Kaya Jakarta, banyak di antara para UHNWI tersebut yang membeli hunian dengan cara kontan.

Jika terhadap brand-brand  tersebut di atas mereka demikian royal membelanjakan dananya, bagaimana dengan merek Trump Residences?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com