Properti-properti yang Diuntungkan Kehadiran Tol Kunciran-Serpong

Kompas.com - 12/08/2019, 20:22 WIB
Tol JORR II Kunciran-Serpong Paket II Parigi-Serpong Jumat (14/09/2018). Erwin Hutapea/Kompas.comTol JORR II Kunciran-Serpong Paket II Parigi-Serpong Jumat (14/09/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Kunciran-Serpong sebentar lagi dibuka untuk umum. Tol ini dirancang sepanjang 11,4 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pengoperasian jalan berbayar sepanjang 11,4 kilometer ini paling cepat pertengahan tahun 2019.

"Tol Kunciran-Serpong yang merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, ini satu dari sembilan tol yang akan diresmikan tahun 2019 ini," kata Danang dalam keterangan tertulis, Senin (12/8/2019).

Terdiri atas dua seksi, tol yang digarap PT Marga Trans Nusantara tersebut membentang dari Seksi I Kota Tangerang Selatan sepanjang 6,72 kilometer dan Seksi II Kota Tangerang sepanjang 4,42 kilometer.

Baca juga: Menutup 2019, Sembilan Ruas Tol Baru Bakal Dioperasikan

Kehadiran tol ini diharapkan dapat mendukung kelancaran arus kendaraan terutama dari Serpong menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan sebaliknya.

Selain itu, menurut Director Research and Consultancy Cushman and Wakefield Arief Rahardjo, dampaknya terhadap sektor properti juga akan secara langsung meningkatkan nilai jual, terutama properti di kawasan-kawasan yang dilintasinya.

Properti-properti apa sajakah itu?

Arief memprediksi, township  atau pengembangan perumahan skala kota yang awalnya belum memiliki akses tol atau exit toll langsung seperti BSD City, Alam Sutera, dan Bintaro Jaya, bakal terkena dampak sangat besar.

"Hal ini dimungkinkan, karena sebagian besar dari masyarakat Jadebotabek masih mengandalkan mobil privat untuk transportasi," ujar Arief kepada Kompas.com, Senin (12/8/2019).

Kawasan-kawasan ini, kata Arief, sudah lama diincar pengembang. Terutama pengembang yang belum memiliki land bank.

Baca juga: Enam Bulan, Transaksi Rumah Jadebotabek Rp 6,67 Triliun

Sementara bagi pengembang yang sudah lama memiliki land bank akan segera merealisasikan rencananya untuk membangun proyek baru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X